JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Berkembang Isu pro dan kontra di Masyarakat, Dinkominfo Blora Siap Beri Penjalasan, Sosialisasi dan Pencerahan Terkait Vaksinasi Covid-19

Kepala Dinkominfo Kabupaten Blora Sugiyono saat rapat koordinasi persiapan awal pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di kabupaten Blora bersama Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Blora, Dinas Kesehatan Kabupaten Blora serta Bagian Prokompin Setda Blora, di ruang pertemuan gedung Samin Blora, Rabu (6/1/2021). Istimewa

BLORA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Pemerintah kabupaten (Pemkab) Blora siap melakukan sosialisasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora Sugiyono menyatakan akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui berbagai media.

Hal itu disampaikan dalam rapat koordinasi persiapan awal pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di kabupaten Blora bersama Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Blora, Dinas Kesehatan Kabupaten Blora serta Bagian Prokompin Setda Blora, di ruang pertemuan gedung Samin Blora, Rabu (6/1/2021).

“Berkembang isu ada warga yang pro dan ada yang kontra, sehingga tugas kita, pemerintah untuk memberikan penjalasan, sosialisasi, pencerahan yang sebenarnya terkait vaksinasi Covid-19,” kata Kepala Dinkominfo Kabupaten Blora.

Sehingga kalau nanti segera diagendakan pelaksanaan vaksin di kabupaten Blora, maka sosialisasi kepada masyarakatlah yang pertama kali harus dilakukan.

Baca Juga :  Awas, Jalur Magelang-Boyolali Tertimbun Longsor!

“Dengan demikian penerima vaksin ini tidak ragu-ragu, bahkan menolak,” ucapnya.

Sugiyono pun mengemukakan berbagai media seperti radio, instagram, website, twitter, baliho, spanduk , banner dan sinergitas dengan media cetak serta televisi siap dilakukan untuk mengedukasi dan sosialisi kepada warga masyarakat.

“Tentu saja, materi sosialisasi yang disampaikan harus dari OPD teknis, sehingga dalam istilah kami narasi tunggal. Tidak perlu masing-masing lembaga membuat sendiri-sendiri,” terangnya.

Sementara itu Kepala Bidang Pelayanan dan Sumberdaya Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Blora, Lucius Kristiawan, ST,M.Si memberi gambaran bahwa persiapan yang dilakukan diakui agak mendesak.

Baca Juga :  Perbaiki Atap Baja Ringan, Pekerja di Gubug Grobogan Tewas Tersengat Listrik

Akan tetapi, kata dia, sudah bisa di mapping dan dipetakan di antaranya sasaran vaksinasi Covid-19 seperti tenaga kesehatan, pelayan publik, masyarakat rentan, masyarakat umum dan masyarakat rentan lainnya.

Ia juga menyebut terkait ketersediaan peralatan Chold Chain Kabupaten Blora yang ada di Dinkes dan Puskesmas serta rumah sakit.

Sementara itu, fasilitas pelayanan kesehatan yang sudah bersedia melakukan vaksinasi Covid-19 yaitu 26 Puskesmas, RSUD dr. R. Soetijono Blora, RSUD dr. R Soeprapto Cepu, RS PKU Muhammadiyah Blora dan Cepu, Rumkitban Blora, RS Permata, Klinik Polres Blora dan Klinik Tali Asih Jepon. Ahmad I Ris

Berita ini telah tayang di https://grobogan.JOGLOSEMARNEWS.COM /2021/01/348896/