JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

Songsong 2021, UNS Targetkan Tembus Peringkat 601-650 Tingkat Dunia

Mengawali tahun 2021, Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menggelar silaturahmi tahunan secara luring dan daring di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram, Senin (4/1/2021). Humas UNS

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Mengawali tahun 2021, Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menggelar silaturahmi tahunan secara luring dan daring di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram, Senin (4/1/2021).

Kegiatan ini dibuka dengan pidato dari Direktur Kerjasama, pengembangan dan internasionalisasi UNS, Irwan Trinugroho, dengan topik Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH) UNS dalam rangka menyongsong reputasi internasional.

“PTN-BH merupakan kendaraan bagi UNS untuk menjadi Perguruan Tinggi Berkelas Dunia,” katanya.

Irwan menyampaikan, memiliki reputasi internasional yang baik perlu dipahami oleh sivitas akademika di UNS. Pasalnya, selama ini hanya peringkat yang sering dijadikan acuan utama dalam memberikan pandangan memiliki tempat di tingkat internasional. Padahal di balik itu semua terdapat kualitas pendidikan yang perlu diperhatikan.

Baca Juga :  Mahasiswa UNS Didorong untuk Berprestasi di Tingkat Internasional

Menurut Irwan, indikator dan hal-hal yang saat ini perlu dipersiapkan oleh UNS menuju perguruan tinggi berkualitas ialah reputasi akademi, reputasi lulusan, rasio fakultas dan mahasiswa, jumlah sitasi, perbandingan dosen dan mahasiswa internasional. Selain itu ada juga riset internasional.

Disampaikan pula oleh Irwan bahwa peringkat UNS menurut QS Word Ranking University saat ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Diharapkan lima tahun ke depan posisi UNS masuk peringkat 601-650 tingkat dunia.

Baca Juga :  Mahasiswa Cantik Asal FKIP UNS, Fiska Amanda Mulia Raih Juara 2 Lomba Infografis Nasional

Sementara itu, Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho menyampaikan apresiasi bagi sivitas akademika UNS dalam mewujudkan PTN BH serta atas pencapaian posisi UNS saat ini.

“Kesuksesan UNS membawa masa depannya, bukan hanya karena satu orang yang punya tujuan, tapi karena keterlibatan banyak orang yang mempunyai kesamaan tujuan untuk mencapai sesuatu yang luar biasa.Tepuk tangan untuk sivitas akademika UNS,” ajak Prof. Jamal. Prihatsari