JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Trenyuh Kondisi Legenda Sinden Suji Mentir, Bupati Sragen Langsung Tergerak Bantu Berbagai Kebutuhan. Sebut Mbah Suji Sebagai Legenda Seni Sragen, Doakan Segera Diberi Kesembuhan!

Kondisi legenda sinden Sragen Mbah Suji Mentir. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kondisi miris yang dialami legenda sinden kondang Sragen, Sujiati (67) alias Suji Mentir Sinden, langsung memantik respon dari Pemkab Sragen.

Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati langsung tergerak menyampaikan bantuan untuk legenda ledhek kenamaan asal Desa Tegalrejo RT 10, Kecamatan Gondang, Sragen yabg bertahun-tahun terbaring sakit itu.

Bupati membantu sejumlah kebutuhan sehari-hari untuk Suji Mentir. Bantuan dari orang nomor satu di jajaran Pemkab Sragen itu disampaikan langsung Nyoi Prawati (22) putri Suji Mentir pada wartawan.

“Ini kasur dan juga lainnya bantuan dari Bupati Sragen, diwakilkan pada bapak camat dan staffnya datang kesini untuk mengantarkan ini semua,” kata Nyoi, kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Senin (18/1/2021).

Mewakili keluarga, Nyoi pun tak lupa menyampaikan terimakasih pada Bupati Sragen dan semua pihak yang telah peduli terhadap ibunya yang saat ini tengah sakit parah.

“Kemarin pesannya kalau butuh apa-apa suruh konfirmasi sama staffnya. Kalau misal ibunya butuh pengobatan dan kebutuhan sehari-hari. S ekali lagi saya ucapkan banyak terimakasih untuk Ibu Bupati Sragen yang sudah membantu Ibu saya, terimakasih,” ucapnya.

Terpisah, Camat Gondang, Catur Sarjanto mengatakan bahwa bantuan dari Bupati disampaikan Kamis lalu. Dirinya bersama Kepala Puskesmas Kecamatan Gondang juga telah terjun ke lapangan mengecek kondisi kesehatan Sujiati Atau sering di kenal Suji Mentir di rumahnya.

“Kami dari kecamatan bersama dr Dedi Kepala Puskesmas Gondang melakukan kunjungan sekaligus pemeriksaan kesehatan terhadap Bu Suji,” terangnya.

Baca Juga :  Kabar Terbaru, 24.100 Warga Sragen Sudah Terdaftar di Dabatase Kementerian Kesehatan untuk Jadi Sasaran Vaksinasi Covid-19

Dalam kunjunganya juga diberikan obat obatan dari Puskesmas. Kemudian sehari berikutnya, diberikan bantuan dari bupati berupa kasur busa dan perlengakapan tidur, Kasur decubitus, Sembako, Pampers dan lainnya.

Sementara Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati menyampaikan bantuan diberikan sebagai wujud kepedulian Pemkab terhadap apa yang sedang dialami Bu Suji.

“Beliau adalah maestro seniwati yang melegenda di Sragen. Karyanya banyak dikenal dan menjadi kebanggaan Sragen dari. Semoga lekas diberi kesembuhan, ” tutur Bupati Yuni.

Seperti diberitakan sebelumnya, kondisi memprihatinkan sang legenda Sinden Sragen Sujiati (67) atau yang sering di panggil dengan Ledek Suji Mentir Sragen.

Sang maestro ledek Sragenan itu, kini terbaring sakit parah di rumah tuanya yang terletak di pinggiran sungai Kampung Tegalrejo Rt 10, Desa Tegalrejo, Kecamatan Gondang, Kabupaten Sragen.

IMG 20210118 WA0035
Camat Gondang, Catur Sarjanto bersama Kepala Puskesmas saat menyerahkan bantuan dari Bupati Sragen untuk Mbah Suji Mentir, legenda seniwati sinden kondang yang kini terbaring sakit parah di Tegalrejo, Gondang. Foto/Wardoyo

Saat wartawan mendatangi rumah sederhana milik Suji Mentir, nampak sang legenda sinden Sragen itu terbaring sakit tak berdaya.

Sang maestro ledek Sragenan tengah melawan penyakit parah yang sedang menimpa dirinya.

Nyoi Prawati (22) anak angkat Suji Mentir, mengatakan ibunya jatuh sakit sudah ada 10 tahun.

Bermula saat ia ditawari job manggung di salah satu kota. Namun job manggung dengan bayaran lumayan itu ia batalkan karena tiba-tiba ia merasakan sesuatu yang tak beres di tenggorokan miliknya.

Baca Juga :  Produknya Kian Mendunia, Perusahaan DJG Asal Sragen Sukses Raih Penghargaan Bergengsi The Most Improved Garment Company of The Year dalam Ajang ICBL 2021. Dirutnya Ternyata Masih Berusia 28 Tahun

Hari tambah hari sakit tenggorokan mulai tambah parah.

“Iya bermula sakit tenggorokan lalu ibu membatalkan job itu, sejak itulah semakin kesini ibu makin sakit-sakitan,” jelasnya, Selasa (12/1/ 2021).

Semenjak itu, sang Maestro Tayub Sragenan Suji Mentir mulai meninggalkan dunia hiburan dan tengah fokus istirahat penyembuhan penyakit yang ia derita.

Akibat tidak bisa bekerja di dunia hiburan itulah Suji Mentir mulai mendapat beban hidup lagi. Selain sakit yang ia derita dia juga mulai kesulitan akan kebutuhan yang harus dipikul sendirian.

“Ibu adalah tulang punggung keluarga mas, dari job tayub ledek dan jadi sinden beberapa dalang wayang itu ibu mendapat penghasilan dan bisa buat kebutuhan saya, namun kini ibu sakit kayak gini. dulu saya di rumah sini sama ibu saja,” ujarnya.

Sujiati Mentir atau sering di kenal dengan nama Suji Mentir Maestro Tayub Sragenan itu terkenal melalui lagu-lagunya Kentil Geyong, Sawo Glethak, Ngudang Anak, Kijing Miring dan masih banyak lainnya.

Tak hanya suara emasnya, paras cantiknya kala itu juga memesona hingga ia selalu menjadi bintang panggung di acara-acara besar.

Di masa jayanya, Suji Mentir juga hampir tak pernah sepi job mentas. Ia sering tampil bersama beberapa Dalang Kondang seperti Ki Dalang Mantep, Ki Dalang Anom, Ki Dalang Purbo, Ki Dalang Untung Wiyono, Ki Dalang Putut. Wardoyo