JOGLOSEMARNEWS.COM Netizen

Viral Foto Mensos Risma Ikut Bantu Angkat Kayu, Dikritik Netizen: Buat Apa Coba. Ini Fakta Sebenarnya

Tangkapan layar foto yang viral di media sosial yang menampilkan sosok Tri Rismaharini sedang mengangkat kayu di tanah berlumpur. Foto: Twitter
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Menteri Sosial Tri Rismaharini, atau yang akrab disapa Risma, kembali menjadi perbincangan di media sosial setelah beberapa hari terakhir viral foto dirinya saat sedang mengangkat kayu dan membungkus nasi.

Foto-foto tersebut beredar dengan narasi Mensos Risma sedang membantu membungkus nasi bungkus dan mengangkat kayu bersama dua orang pria di lokasi banjir. Foto tersebut beredar di berbagai media sosial, termasuk Twitter, Facebook, dan Instagram.

Salah satu akun yang membagikan foto tersebut di Twitter menyertakan komentar dengan nada mengkritik, lantaran menilai aksi Risma berlebihan dan cenderung seperti hanya sebatas pencitraan.

“Buat apa coba Mensos gini? Tugas dia itu gimana penyaluran bantuan korban bencana alam berjalan lancar tanpa halangan,” tulis netizen dalam keterangan foto.

Tangkapan layar foto yang viral di media sosial yang menampilkan sosok Tri Rismaharini. Foto: Twitter

Foto yang dibagikan pada Rabu (20/1/2021) lalu itu kini telah mendapat lebih dari 2.000 suka, dibagikan ulang lebih dari 600 kali, dan menuai lebih dari 400 komentar netizen.

Baca Juga :  Roti Kukus Ala Thailand Viral di Solo yang Disukai Masyarakat

Beredarnya foto tersebut bertepatan dengan saat Mensos Risma tengah disibukkan dengan agenda mengunjungi sejumlah lokasi bencana, seperti banjir di Kalimantan Selatan, di Kabupaten Jember, Jawa Timur, hingga di Kabupaten Halmahera Utara di Maluku Utara.

Lantas bagaimana fakta sebenarnya? Berdasarkan penelusuran yang dilakukan Republika, ternyata foto Risma mengangkat kayu tersebut bukan dilakukan baru-baru ini, melainkan pada tahun 2014, saat Risma masih menjabat sebagai Wali Kota Surabaya dan belum menjadi Menteri Sosial.

Risma merupakan wali kota Surabaya dua periode, yaitu 2010-2015 dan 2016-2020. Masa bakti alumnus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya itu sebenarnya berakhir pada 2021, namun ia diangkat Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi menteri pada 23 Desember 2020.

Berdasarkan penelusuran Republika, sumber foto Risma itu ditemukan di akun Kaskus pada 16 September 2014 dengan judul ‘Kemunafikan Panastak, Aher dan Risma Sama-Sama Tukang Panggul Beda Perlakuan’. Di sini, akun pendukung Aher alias Ahmad Heryawan (gubernur Jawa Barat periode 2008-2018) saling serang dengan pendukung Risma.

Baca Juga :  Bertandang ke ISI Surakarta, Pangeran Mangkunegaran Jadi Pembicara di Mata Najwa

Kedua pendukung itu saling tuding, baik Aher maupun Risma melakukan pencitraan. Jika Aher di foto sedang memanggul beras, Risma terlihat memanggul kayu dengan berkalung megaphone. Hanya saja, di forum tersebut, terlihat lebih banyak pendukung Risma dibandingkan Aher.

Sehingga, jika merujuk peristiwa terjadi pada 2014, dapat disimpulkan bahwa foto Risma memanggul kayu itu dilakukannya saat masih menjabat sebagai Wali Kota Surabaya.

Merujuk aturan Kementerian Komunikasi dan Informatik (Kemenkominfo), maka foto Mensos Risma mengangkat kayu termasuk jenis konten yang salah. Dalam artian, meski konten tersebut asli namun dikaitkan dengan informasi yang tidak sesuai.

Sementara untuk foto Risma yang sedang membungkus nasi bersama dengan ibu-ibu adalah benar dilakukan saat ia mengunjungi korban banjir di Jember.

Tangkapan layar foto yang viral di media sosial yang menampilkan sosok Tri Rismaharini sedang membungkus nasi. Foto: Twitter

www.republika.co.id

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com