JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo Ternyata Pernah Ditawari Wakil Menteri PUPR. Tapi Tawaran Jokowi Itu Ditolaknya, Ini Alasannya

Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo. Dok
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo yang akan berakhir masa jabatannya ternyata sudah ditawari jabatan baru di dalam Kabinet Indonesia Maju. Tawaran jabatan baru yang disiapkan untuk Hadi Rudyatmo setelah lengser dari walikota ini cukup prestisius yakni sebagai Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Namun tawaran jabatan wakil menteri yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo itu ditolak oleh Rudy –panggilan akrab FX Hadi Rudyatmo-. “Saya pilih jadi Sunan Jogo Kali (jaga sungai) saja di Solo, hahaha,” ujar Rudy bergurau saat berbincang santai dengan sejumlah wartawan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang menemuinya dalam rangka kegiatan Hari Pers Nasional (HPN).

Yang dimaksud Rudi sebagai “Jogo Kali” lantaran rumah kediamannya di Pucangsawit, Jebres, Solo berada di pinggir Sungai Bengawan Sungai. Sehingga setelah lengser tidak lagi menjabat walikota akan memilih tinggal di kediamannya di Pucangsawit yang terletak di pinggir Sungai Bengawan Solo.

Lebih jauh Rudy menceritakan kronologis ketika dirinya mendapat tawaran sebagai Wamen PUPR. Ada beberapa utusan yang menghubungi dia sambil membawa pesan langsung dari Presiden Joko Widodo terkait tawaran itu setelah selesai menjabat Walikota Solo.

Baca Juga :  Keren! Masjid Sheikh Zayed Solo Siapkan 10.000 Takjil, Umat Non-muslim Boleh Ikut Menikmati

“Sudah dihubungi, di WA (whattsap), bahkan ada yang datang ke sini. Saya juga sudah diminta datang ke Jakarta sambil membawa baju resmi untuk pelantikan tanggal 23 Desember kemarin bareng Mas Sandiaga,” ungkap Rudy sambil menyebut beberapa nama yang menghubungi dan mendatanginya. Nama yang disebut Rudy tersebut adalah orang kepercayaan Jokowi di Kabinet Indonesia Maju serta orang terdekat Jokowi.

Untuk menunjukkan kebenaran kabar tersebut, Rudy juga menunjukkan sejumlah WA dari utusan tersebut kepada JOGLOSEMARNEWS.COM untuk dibaca. Saat membaca tersebut, JOGLOSEMARNEWS.COM memang mendapati adanya tawaran jabatan tersebut serta permintaan datang ke Jakarta untuk keperluan pelantikan dengan membawa baju pelantikan.

Ditambahkan Rudy, rencananya dia akan ikut dilantik sebagai Wakil Menteri PUPR pada tanggal 23 Desemer lalu berbarengan dengan Sandiaga Uno dan menteri baru lainnya.

Tapi rupanya, tawaran itu tidak membuat Rudy larut dengan jabatan. Ketika ditanya lebih jauh mengapa nekat menolak tawaran jabatan dari Presiden Jokowi sementara banyak orang jutrsu berebut, Rudy beralasan bahwa dirinya tidak ingin dianggap gila jabatan.

Ia menjaga perasaan dan perkawanan dengan Wakil Walikota Solo, Achmad Purnomo serta banyak orang. “Saya tidak gila jabatan, dan saya menjaga perasaan Pak Purnomo yang telah bersahabat selama delapan tahun dalam suka dan duka memimpin Kota Solo,” papar Hadi Rudyatmo kepada sejumlah pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Surakarta saat beraudensi di rumah dinas Walikota Solo, Loji Gandrung, Rabu (27/1/2021).

Baca Juga :  Komentar di Postingan Ganjar Seminggu Belum Terbalas,  Gibran: Semoga di Bulan Ramadhan Dikasih Waktu Silaturahmi

Seperti diketahui, pasangan Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo dan Wakil Walikota Solo Solo Achmad Purnomo bakal memasuki akhir masa jabatan (AMJ) pada 17 Februari 2021.

Sebelumnya Achmad Pernomo dijagokan oleh DPC PDIP Solo pimpinan Hadi Rudyatmo untuk ikut berlaga sebagai Walikota Solo dalam Pilkada Solo Desember 2020. Namun posisinya tergeser menyusul Gibran Rakabuming Raka putra sulung Presiden Joko Widodo yang juga ikut mencalonkan sebagai Walikota Solo.

Rudy pun kemudian beralih mendukung dan menyukseskan Gibran sebagai calon Walikota Solo dari PDIP dan kemudian memenangkan Pilkada 2020.

“Ukuran hidup kita itu tak hanya ditentukan jabatan, masih banyak karya kita yang lain. Saya jadi Sunan Jogo Kali saja, mendirikan padhepokan di pinggir Kali Bengawan Solo, saya masih bisa membantu membangun Kota Solo,” ungkapnya berkelakar. (Syahirul)

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com