JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Gejala Covid-19 Mirip Flu, Analisa Epidemiolog: Banyak yang Tak Menyadari, Bisa Picu Penularan Makin Tinggi

Ilustrasi penyebaran virus corona atau covid-19. Pixabay
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Gejala Covid-19 yang mirip dengan influenza banyak tak disadari oleh banyak orang. Hal itu menyebabkan angka yang terinveksi virus ini semakin meningkat.

Epidemiolog Universitas Griffith Australia Dicky Budiman mengatakan, gejala seperti nyeri otot hingga menggigil juga berpotensi menunjukkan gejala Covid-19.

“Makanya ini yang membuat kenapa Covid ini berbahaya, dalam artian orang nggak aware, nggak menyadari, karena kan siapa yang nggak pernah nyeri otot, pegal-pegal, kita kalau mau kena flu ya begitu juga,” ujar Dicky, kepada Tribunnews, Jumat (12/2/2021).

Penyakit influenza di berbagai negara pada umumnya memiliki gejala yang sama.

Karena gejala Covid-19 ini serupa dengan influenza, maka banyak masyarakat yang tidak sadar bahwa mereka mungkin saja terinfeksi Covid-19.

“Nah gejala-gejala ini karena udah biasa untuk masyarakat, tidak hanya di Indonesia, di berbagai negara kan kena ke flu ya seperti itu,” jelas Dicky.

Gejala yang ditimbulkan oleh virus ini tentunya tidak menunjukkan tanda fisik seperti penyakit cacar maupun demam berdarah.

Sehingga masyarakat pada umumnya akan menganggap biasa gejala yang dialami saat mulai terinfeksi Covid-19, karena mereka beranggapan hanya terkena influenza biasa.

Namun masyarakat bisa mulai menyadari jika gejala yang mereka rasakan itu menunjukkan level cukup berat, yakni gangguan nafas.

“Nah ini yang beda, misalnya kalau cacar ada bintik bintik, atau misalnya demam berdarah ada sampai mimisan seperti itu. Nah (Covid-19) ini gejalanya hampir mirip kayak flu-flu begitu bagi yang ringan, tapi bagi yang (gejala) berat nanti ada gangguan nafas,” papar Dicky.

Baca Juga :  Meski Bermanfaat untuk Tubuh Tapi Konsumsi Garam Ada Batasannya

Jangan Kendor, Disiplin Mencegah Corona Melalui 5 M

Oleh karena itu, untuk menekan angka mereka yang terinfeksi Covid-19, kata Dicky, protokol kesehatan 5M perlu dilakukan secara disiplin oleh masing-masing individu.

“Dan inilah sebabnya kita harus berprinsip bahwa bisa membawa virus ini sampai terbukti sebaliknya. Sehingga kita harus melakukan upaya pencegahan (melalui) 5M itu ya,” tegas Dicky.

Mulai dari Mencuci tangan, Memakai masker, Menjaga jarak minimal 2 meter, Membatasi mobilitas dan interaksi serta Menjauhi keramaian.

“Maskernya kalau sekarang sih yang 2 lapis lah kalau masker kain, kalau bisa pakai masker bedah. Kemudian jaga jarak sekarang minimal dua meter, kalau perlu lebih dari dua meter lebih bagus, karena dua kali lebih protektif,” papar Dicky.

Dicky selanjutnya menegaskan bahwa meskipun masker telah dipakai, namun menjaga jarak tetap perlu dilakukan.

“Ini juga kalau pakai masker tidak berarti menghilangkan jaga jaraknya, harus tetap sama dilakukan,” tutur Dicky.

Selain itu, tindakan seperti membatasi mobilitas dan interaksi dianggap harus dilakukan karena mobilitas dan interaksi merupakan dua hal yang sama pentingnya untuk menekan angka penyebaran Covid-19.

Baca Juga :  Madu Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bermanfaat Sebagai Pengikat Energi Selama Puasa

“Orang muda bisa mobile, orang tua juga bisa interaksinya tinggi. Itulah sebabnya ya sama-sama harus dijaga, karena dua-duanya berpengaruh dalam memperburuk pandemi,” kata Dicky.

Dicky menuturkan, menjauhi dan mencegah keramaian dianggap perlu karena dari keramaian ini akan timbul Super Spreader Event, yang menghas

Bukan Gejala Baru

Baru-baru ini studi para ahli di Imperial College London, Inggris menemukan gejala tambahan terkait infeksi virus corona (Covid-19), yakni nyeri kepala, menggigil, kehilangan nafsu makan dan nyeri otot.

Epidemiolog Universitas Griffith Australia, Dicky Budiman mengatakan bahwa sebenarnya ini bukan hal yang baru.

Karena gejala yang dialami seseorang yang terinfeksi virus itu memang ditandai demam hingga nyeri otot.

Ini berlaku pada penyakit yang menyerupai influenza.

“Sebetulnya bukan hal baru ya, karena semua jenis infeksi virus itu kalau di surveilans itu ada yang namanya influenza like illness ya, yang ditandai ada demam, ada menggigil, nyeri otot, nyeri kepala, itu sama, semua virus seperti itu,” ujar Dicky, kepada Tribunnews, Jumat (12/2/2021).

Ia kemudian menjelaskan, gejala yang ditimbulkan Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2) yang menyebabkan Covid-19 ini memang nyaris serupa.

Karena virus ini merupakan keluarga dari Corona Virus. Namun tingkat gejala yang sering timbul pada tiap negara bisa saja berbeda.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com