JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Magelang

Kota Magelang Ajukan Penambahan Jalur Sepeda di jalan Jenderal Sudirman, Suprato dan Ikhlas

Kepala Dishub Kota Magelang, Candra Wijatmiko (kaos merah). Ist
ย ย ย 

MAGELANG, JOGLOSEMARNEWS.COM — Kota Magelang mengajukan tambahan jalur khusus sepeda untuk ruas jalan Jenderal Sudirman, Jalan Suprato, dan Jalan Ikhlas.

Terkait hal tersebut Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Magelang telah mengirimkan proposal ke Kementerian Perhubungan.

โ€œKami sudah mengirimkan proposal pengajuan tambahan jalur khusus sepeda tersebut ke Kemenhub. Tambahan jalur ada di Jalan Sudirman, Jalan Suprapto, dan Jalan Ikhlas,โ€ jelas Kepala Dishub Kota Magelang, Candra Wijatmiko, saat ditemui, Jumat (19/2/2021).

Kepala Dishub Kota Magelang, Candra Wijatmiko mengatakan, sebelum mengirimkan proposal pengajuan tambahan jalur ini, pihaknya telah berkoordinasi dengan instansi terkait, antara lain Satpol PP, Bappeda, DPU, DLH, dan tiga komunitas pesepeda Magelang.

โ€œKita ingin masukan dari pihak-pihak terkait soal penambahan jalur khusus sepeda ini. Masukan ini penting untuk kita mengajukan proposal ke Kemenhub. Proposal sudah kami kirimkan dengan nilai proyek sekitar Rp800 juta. Semoga dapat diterima dan bisa terealisasi di tahun 2021 ini,โ€ jelasnya.

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

Tidak hanya marka jalur, kata Candra, pihaknya juga menyertakan dalam proposal itu parkir portabel untuk ditempatkan di sejumlah titik. Di antaranya alun-alun sebanyak empat unit, Taman Trunan dua unit, Taman Badaan dua unit, dan Taman Ahmad Yani dua unit.

โ€œUntuk rambu petunjuk belum kita masukkan ke dalam proposal. Tahun 2020 lalu, rambu petunjuk kita belanjakan dengan APBD sebanyak 18 buah,โ€ tuturnya.

Seperti diketahui, akhir 2020, Dishub telah membuat marka khusus jalur sepeda pada sembilan ruas jalan protokol yang dilengkapi rambu, traffic cone, dan water barrier.

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

Saat ini, jalur di Jalan Jenderal Sudirman disambungkan dengan jalur yang sudah ada sebelumnya sampai ke selatan hingga persimpangan Trio.

โ€œJadi, jalurnya hanya satu sisi di sebelah kiri dari arah utara,โ€ imbuh Candra.

Kemudian, untuk jalur khusus di Jalan Ikhlas awalnya di sepanjang jalan tersebut dari area Tugu Paku Tidar sampai Tugu Adipura kawasan shopping. Namun, karena ada usulan dari masyarakat agar dibuat juga jalur di Jalan Suprapto, maka jalur tersebut sekaligus diajukan.

โ€œPada saat rapat di kantor, ada usulan dari komunitas pesepeda agar ada juga jalur di Jalan Suprapto dari kawasan Pasar Sidomukti sampai pusat perbelanjaan Giant. Namun, masih dipertimbangkan apakah lewatnya Pasar Sidomukti atau lewat kantor Pegadaian,โ€ katanya. F.Lusi

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com