JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

8 Makanan Ini Bisa Turunkan Tekanan Darah Tinggi

tempo.co
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Hipertensi atau tekanan darah tinggi jika terus dibiarkan terlalu lama bisa merusak pembuluh darah. Menurut Asosiasi Jantung Amerika (AHA), disebut hipertensi apabila tekanan darah konsisten di atas 130/80 mm/Hg.

Efeknya bisa serangan jantung, stroke, kehilangan penglihatan, dan disfungsi seksual.

Untungnya, ada banyak cara untuk menurunkan tekanan darah, seperti rutin berolahraga, menjaga berat badan sehat, tidak merokok, dan mengikuti pola makan sehat yang dikenal dengan diet untuk menghentikan hipertensi (DASH). Berikut delapan makanan untuk menurunkan tekanan darah menurut DASH, dilansir dari Very Well.

Bagaimana pun cara mengonsumsinya, dibikin jus atau smoothie, buah ini bisa membantu menjaga tekanan darah yang normal. Menurut data di American Journal of Clinical Nutrition, makan semangkuk bluberi setiap minggu mampu mengurangi risiko tekanan darah tinggi.

Baca Juga :  Meski Bermanfaat untuk Tubuh Tapi Konsumsi Garam Ada Batasannya

Kenari
Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Nutrition, Metabolism and Cardiovascular Diseases menemukan orang yang menyantap kenari memiliki tekanan darah diastolik yang lebih rendah.

Jus jeruk murni
Segelas jus jeruk murni saat sarapan, yang mengandung potasium, sangat dianjurkan dalam DASH. Di dalamnya juga terkandung flavonoid bernama hisperidin, yang bisa ditemukan dalam buah-buah sitrus seperti lemon, jeruk nipis, dan jus jeruk murni. Hisperidin inilah yang membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Semangka
Kaya potasium, sitrulin, dan likopen, semangka adalah sahabat jantung sehat, juga menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik.

Baca Juga :  Biki Lezat dan Gurih, Ini Resiko Konsumsi Santan secara Berlebihan

Pir
Apapun varietasnya, rutin makan pir sangat baik buat tekanan darah sehat.

Ikan berlemak
Salmon dan trot adalah sumber asam lemak omega-3 yang berperan dalam menurunkan tekanan darah.

Lentil
Kaya potasium dan magnesium, lentil tak hanya bisa menjadi sumber makanan yang mengenyangkan tapi juga bisa menurunka tekanan darah sistolik.

Yogurt
Produk susu seperti yogurt kaya potasium dan kalsium yang baik untuk kesehatan jantung.

Kunyit
Bukan hanya untuk mewarnai makanan, tapi juga sahabat jantung sehat. Menurut meta-analisis di Pharmacological Research, mengonsumsi kunyit baik untuk tekanan darah sistolik. Tambahkan bubuk kunyit pada makanan, teh, atau dikonsumsi dalam bentuk suplemen.

www.tempo.co

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com