JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Portal Dibuka, Ratusan Warga Siboto Kalijambe Kembali Berkumpul Gelar Tumpengan dari Dana Urunan. Video Momen-Momen Perjuangan Menuntut Pembukaan Portal Bikin Warga Terharu

Tasyakuran warga Kampung Siboto, Kalimacan, Kalijambe dengan acara tumpengan sebagai ungkapan syukur atas dibukanya portal Siboto, Sabtu (20/2/2021). Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Luapan kegembiraan warga Kampung Siboto, Desa Kalimacan, Kecamatan Kalijambe Sragen atas pembukaan portal penutup perlintasan jalan menuju desa itu, terus berlanjut.

Tak hanya sujud syukur dan cukur gundul, ratusan warga dari berbagai RT di kampung itu Sabtu (20/2/2021) malam kembali berkumpul untuk menggelar syukuran sederhana.

Tak kurang dari 300 warga dari Dukuh Siboto dan perwakilan 6 RT, hadir dalam tasyakuran yang dipusatkan di jalan kampung itu tadi malam.

Turut hadir pula Camat Kalijambe, Rusmanto dan segenap jajaran Pemdes dan perangkat desa Kalimacan.

Salah satu tokoh Siboto, Zain, menuturkan tasyakuran digelar dari pukul 20.00 WIB hingga 22.00 WIB. Ada empat tumpeng besar yang dibuat dari dana urunan warga.

Baca Juga :  Tewas Gantung Diri, Mengapa Tubuh Mbah Tumini Ditemukan Tergeletak di Lantai Kandang Ayam. Tapi Talinya Masih Melilit di Leher

“Kemarin warga berinisiatif menghalang donasi untuk membuat tasyakuran ini. Tujuannya sebagai ungkapan syukur atas dibukanya kembali portal Siboto yang menjadi akses utama warga setelah dua bulan lebih ditutup. Kita juga berdoa semoga ke depan semua lebih baik,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Minggu (21/2/2021).

Zain menuturkan setelah dibuka, warga pun siap untuk konsisten memegang komitmen menjaga pintu perlintasan selama 24 jam. Warga juga sudah menyiapkan petugas yang akan berjaga pershift dengan upah dari urunan semua warga.

“Ini bentuk tanggungjawab semua warga untuk menjaga palang perlintasan demi keselamatan bersama. Kami juga selaku berkoordinasi dengan PT KAI,” tandasnya.

Baca Juga :  Nihil Tambahan Tapi 1 Warga Sragen Positif dan Meninggal Dunia Hari Ini. Jumlah Kasus Positif Tetap 5.056, 4.675 Sembuh dan 303 Orang Meninggal Dunia
IMG 20210220 WA0025
Pemutaran video. Foto/Wardoyo

Dalam acara tersebut, juga diputar video perjalanan Portal Siboto mulai dari penutupan paksa oleh PT KAI hingga perjuangan warga menuntut pembukaan yang berakhir dengan dibukanya portal itu Kamis (18/2/2021).

Momen-momen perjuangan yang diabadikan dalam video itu sempat membuat trenyuh sebagian warga yang menyaksikan.

Sementara dalam sambutannya, Camat Rusmanto berpesan kepada warga untuk senantiasa memegang komitmen melakukan penjagaan dan pengamanan pintu perlintasan selama 24 jam.

Ia juga meminta warga senantiasa berhati-hati dan waspada apabila menyeberang di perlintasan tersebut agar insiden yang pernah terjadi tidak lagi terulang. Wardoyo