JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Belasan Kerabat Keraton Surakarta Dikurung di dalam Bangunan Keraton oleh Sosok Misterius. Termasuk Adik dan Anak Raja PB XIII

Bangunan Keraton Kilen tempat belasan abdi dalem terkurung sejak Kamis (11/2/2021) sore. Foto: Istimewa
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Kabar mengejutkan datang dari Keraton Kasunanan Surakarta. Belasan orang dari sentono atau kerabat Keraton Kasunanan Surakarta “terkurung” di dalam keraton, sejak Kamis (11/2/2021) sore hingga malam.

Hal ini diungkapkan oleh Kanjeng Dilir, salah seorang Kerabat Karaton Surakarta yang ikut terkunci di dalam tembok keraton. Mereka yang terkurung di bangunan keraton dari tidak bisa keluar bukan hanya yang berasal dari sentono atau abdi dalem. Melainkan juga adik Raja PB XIII sendiri yakni GKR Koes Moertiyah atau akrab disapa Gusti Mung dan anak Raja PB XIII yakni Gusti Timoer. Keduanya juga ikut terkurung sejak sore.

Baca Juga :  Mulai Jajakan Foto Bingkai Prabowo-Gibran, Pedagang di Solo Sudah Dapat 300 Pesanan

“Posisi kami di bangunan Karaton Kulon. Tanpa ada penerangan. Kita dikunci dari luar,” ujar Kanjeng Dilir saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Mereka terkurung di bangunan yang cukup luas. Kanjeng Dilir mengungkapkan kronologis mereka terkurung di bangunan keraton tersebut. Sebelumnya Gusti Moeng menelponnya, bahwa pintu bangunan keraton di sebelah kulon (barat) terbuka.

Sebagai kerabat, akhirnya ia bersama Gusti Mung dan Gusti Timoer dan kerabat lain mengecek bersama. Seperti diketahui, sisi bangunan Keraton Kilen (barat) adalah privasi milik raja beserta keluarga. Maka mereka pun mengeceknya.

Baca Juga :  Gerak Cepat, Gibran Akan Temui Tokoh-tokoh Usai Hadiri Penetapan Pemenang Pilpres di KPU Besok

Hanya saja, sesaat masuk jauh ke dalam, muncul orang tak dikenalnya langsung menutup pintu dari luar dan kabur. “Saya kejar, tapi orang berbaju preman kabur, dan pintu sudah dikunci dari luar,” ujarnya.

Adanya pintu terbuka tersebut, Dilir selaku pengurus Lembaga Dewan Adat tidak tahu menahu. Hingga berita ditulis, Dilir berserta Gusti Moeng dan Gusti Timoer dan kerabat lain berusaha menunggu hingga jumat pagi.  Prabowo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com