JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Manfaat Kelapa untuk Kesehatan, Antara Lain untuk Lawan Peradangan Hingga Atasi Rambut Kusut

buah kelapa. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Hampir semua bagian pohon kelapa bisa dimanfaatkan, mulai dari batang kayu hingga buahnya. Buah kelapa ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Salah satu olahan dari kelapa adalah minyak, bahan ini bisa digunakan untuk mulai dari memasak dan membersihkan hingga menjinakkan rambut kusut, menghapus makeup, dan mengurangi peradangan kronis.

Selain minyak ada air kelapa yang dikemas dengan manfaat kesehatan, berkat elektrolit, antioksidan, dan vitamin C.

Namun, buah kelapa adalah sesuatu yang istimewa: berfungsi sebagai pengganti vegan yang begitu lembut untuk makanan penutup nabati dan produk susu seperti es krim dan yogurt, menambahkan kerenyahan pada granola, dan bersinar dalam saus mendidih. Dari segi kesehatan, berikut adalah lima alasan sehat teratas Anda harus mulai makan kelapa hari ini, menurut pakar nutrisi Susan Hewlings, dan Kelly Springer,

Manfaat kesehatan kelapa

1. Kelapa bisa melawan peradangan

“Sebagai bagian dari pola makan sehat, kelapa menunjukkan aktivitas antioksidan karena kandungan polifenolnya,” jelas Hewlings, seperti dilansir dari laman Real Simole. “Virgin Coconut Oil (VCO) merupakan sumber yang kaya akan senyawa fenolik, seperti asam caffeic, asam ferulic, dan banyak lagi. Karena polifenol ini memiliki sifat antioksidan, mereka dapat membantu mengimbangi radikal bebas oksidatif yang dapat menyebabkan peradangan.” Hewlings merekomendasikan untuk mencari kelapa mentah dan / atau minyak kelapa segar yang belum diproses untuk mendapatkan manfaat antioksidan dan anti-inflamasi yang paling banyak.

Baca Juga :  Jangan Panik Jika Vertigo Menyerang, Ini yang Harus Dilakukan

2. Bagus untuk kesehatan usus

Menurut Springer, makan kelapa sangat bagus untuk kesehatan usus karena mengandung banyak serat, yang membantu mikrobioma Anda berkembang dengan menyediakan makanan bagi bakteri usus yang baik. “Kelapa juga relatif tinggi lemak, yang membantu tubuh Anda menyerap vitamin D, E, A, dan K yang larut dalam lemak,” jelasnya. “Ini penting karena vitamin D dan K dapat dikaitkan dengan mikrobioma usus yang lebih beragam, dan karenanya lebih tangguh.” Mikrobioma usus yang lebih kuat berarti pencernaan, kekebalan, dan kesehatan secara keseluruhan lebih baik. Coba tambahkan beberapa sendok kelapa parut ke dalam oatmeal atau yogurt Anda di pagi hari untuk mendapatkan manfaat ini.

3. Kelapa adalah makanan super untuk kulit bercahaya

Kelapa bisa sangat bermanfaat bagi kulit, terutama dalam bentuk minyak kelapa,” kata Springer. Karena minyak kelapa memiliki banyak lemak, Springer menambahkan bahwa itu juga akan membantu tubuh Anda menyerap vitamin E dan A, yang keduanya merupakan antioksidan yang dikenal dapat melindungi dan memulihkan kulit. Perhatikan bahwa minyak kelapa bersifat komedogenik, yang berarti dapat menyumbat pori-pori, jadi sebaiknya hindari menggunakannya di area yang rentan berjerawat.

4. Meningkatkan fungsi kognitif

“Salah satu ciri utama penyakit Alzheimer adalah penurunan kemampuan otak untuk menggunakan glukosa sebagai bahan bakar, yang dapat dimulai sekitar 10-15 tahun sebelum diagnosis,” jelas Hewlings. “Ketika otak tidak dapat menggunakan glukosa (sumber bahan bakar utamanya), otak dapat menggunakan badan keton sebagai sumber bahan bakar alternatif. Minyak kelapa kaya akan prekursor untuk badan keton. Oleh karena itu, minyak kelapa sebagai bagian dari diet sehat secara keseluruhan dianggap bermanfaat bagi kesehatan kognitif dengan memberikan sumber energi alternatif ke otak. ”

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

5. Sumber lemak yang lebih disukai dalam makanan

Penting untuk diperhatikan bahwa kelapa memang mengandung lemak jenuh, tetapi penelitian terbaru menunjukkan bahwa kelapa mengandung asam lemak rantai menengah. Hewlings menjelaskan bahwa ini diserap secara berbeda dan memiliki profil lipid yang lebih disukai dibandingkan dengan asam lemak rantai yang lebih panjang, seperti yang ditemukan dalam lemak hewani seperti daging dan mentega.

“Minyak mengandung lebih dari sekedar asam lemak yang menyusunnya, termasuk nutrisi dan vitamin lain, yang mungkin juga berdampak pada risiko kardiovaskular,” katanya. “Selain itu, lemak makanan menyediakan energi, merupakan kunci untuk penyerapan vitamin yang larut dalam lemak, menyediakan struktur sel, menjadi dasar bagi banyak hormon, berfungsi sebagai pembawa di seluruh tubuh, memberikan ‘bantalan’ dan perlindungan untuk organ, dan banyak lagi. Kelapa mengandung nutrisi penting yang ditemukan dalam lemak makanan ini dan menyediakan sumber lemak jenuh yang menyehatkan sekaligus menyediakan antioksidan.”

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com