JOGLOSEMARNEWS.COM Netizen

Model Cantik asal Rusia Alesya Kafelnikova Dikritik Usai Berpose Telanjang di Atas Gajah Sumatera saat Pemotretan di Bali

Model asal Rusia, Alesya Kafelnikova. Foto: Instagram/kafelnikova_a
PPDB
PPDB
PPDB

JOGLOSEMARNEWS.COM Seorang perempuan model asal Rusia bernama Alesya Kafelnikova menuai kritik setelah aksinya berpose telanjang di atas punggung seekor gajah Sumatera saat melakukan sesi pemotretan di Bali.

Potongan pendek video pemotretan itu diunggah Alesya di akun Instagram miliknya pada Sabtu (13/2/2021) lalu.

Dalam potongan video tersebut tampak bagaimana pose Alesya yang berbaring telungkup di atas punggung seekor gajah yang sedang berdiri sambil mengibaskan telinga dan ekornya.

Pada postingan lainnya, Alesya mengunggah foto close up dirinya bersama gajah tersebut. Dalam dua postingan tersebut, Alesya menuliskan keterangan tentang alam.

Natural vibes (nuansa alami),” tulisnya pada keterangan unggahan video pendek.

To love nature is human nature (Mencintai alam adalah sifat alami manusia),” tulisnya pada unggahan berikutnya yang menyertakan foto bersama gajah.

Unggahan video model Rusia, Alesya Kafelnikova yang menuai kritik. Foto: Instagram/kafelnikova_a

Unggahan itu pun menuai kontroversi di kalangan sejumlah pihak, khususnya para aktivis lingkungan. Sebagian memberikan pujian dengan misinya untuk turut menjaga gajah di alam bebas. Namun, sisanya mengkritik karena dinilai telah berlaku kejam pada hewan mamalia besar tersebut.

“Gajah yang malang. Apakah Anda tidak malu berbaring telanjang di atas gajah? Ini merupakan makhluk hidup. Uang menutupi segalanya,” komentar seorang netizen.

Sementara itu, juru bicara organisasi nonprofit Save the Asian Elephants mengatakan pada SunOnline, seperti dilansir Liputan6.com, Rabu (17/2/2021), tindakan yang dilakukan model tersebut justru terlihat ironis, lantaran gajah Sumatera sedang berada diambang kepunahan.

“Terlihat sepele sekaligus tragis, gajah Asia termasuk salah satu spesies yang sedang berjuang untuk keberadaannya melawan ‘aksi-aksi brutal’ dalam pariwisata dan ‘hiburan’ manusia,” ujarnya.

Save The Asian Elephants merupakan gerakan yang menentang segala bentuk eksploitasi pada satwa liar, khususnya gajah, untuk kepentingan komersial dan segala jenis penyiksaan.

Status gajah Sumatera sendiri kini telah diperbarui dari sebelumnya spesies genting menjadi spesies terancam kritis, menurut World Wide Fund (WWF).

Sementara itu, aksi menggunakan hewan gajah sebagai properti pemotretan sebelumnya juga sempat terjadi di Bali pada 2018 silam. Saat itu, seorang model bernama Jessica Rast, yang juga berasal dari Rusia, membagikan momen liburan di Bali.

Mengutip Daily Star, Jessica berpose tanpa busana di atas gajah. “Foto ini diambil dengan situasi tenang, ada pawang binatang yang membantuku mengambil foto,” terang Jessica.

Meski begitu, foto tersebut tetap dihujat, terutama oleh aktivis binatang. Sederet organisasi pecinta binatang, seperti Humane Society of the US dan Associations of Zoos and Aquariums, telah lama mengecam wisata mengendarai gajah. Alasannya, gajah kerap disiksa oleh pawang binatang agar terlatih dan dapat dinaiki turis. Liputan 6