JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

NasDem Bakal Gelar Konvensi Capres Bersama, Pengamat: Bagus untuk Cari Figur Alternatif

Surya Paloh. Tribunnews
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS – Partai NasDem berencana menggelar konvensi calon presiden dalam menyambut ajang Pilpres 2024 mendatang.

Rencana tersebut mendapat apresiasi positif dari  Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno.

Dia menilai, hal itu merupakan gagasan bagus untuk mencari figur alternatif yang akan maju di Pilpres 2024.

Apalagi, NasDem menyatakan akan menggelar konvensi bersama koalisi demi memastikan pemenang konvensi mendapat tiket untuk diusung.

“Saya kira ini bagus. Manuver baru dalam politik untuk menyediakan perahu politik bagi orang-orang yang bertanding melalui konvensi,” kata Adi kepada Tempo, Jumat ( 26/2/2021).

Adi menilai konvensi itu juga menunjukkan keterbukaan NasDem terhadap kandidat nonpartai. Selama ini, kata dia, partai-partai cenderung menutup diri untuk mengusung calon dari luar dan mengunci posisi calon presiden atau calon wakil presiden dari internal mereka.

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

Konvensi calon presiden pernah diselenggarakan Partai Golkar menjelang Pilpres 2004 dan Partai Demokrat menjelang Pilpres 2014. Pemenang konvensi Golkar ketika itu adalah Wiranto, namun yang kemudian maju berpasangan dengan Salahuddin Wahid alias Gus Solah.

Adapun pemenang konvensi Demokrat ialah Dahlan Iskan. Meski begitu, Demokrat akhirnya ikut mengusung Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa di Pilpres 2014.

Adi mengatakan dengan konvensi ini diharapkan muncul sosok-sosok debutan baru yang bisa menjadi idola. Ia membayangkan, nantinya konvensi akan diramaikan oleh banyak tokoh dari beragam kalangan, mulai dari tokoh agama, kepala daerah, hingga pemimpin organisasi masyarakat.

Baca Juga :  Usul Bansos Disetop Jelang Pilkada, KPK Diprotes Menko PMK

Menurut Adi, konvensi akan menjadi semacam ajang unjuk diri bagi para figur yang berminat maju di Pilpres 2024.

“Konvensi NasDem akan menjadi ajang beauty contest bagi kepala daerah, elite-elite yang belum dikenal publik, agamawan, tokoh masyarakat yang ingin maju,” ujar dia.

Partai NasDem sebelumnya mengumumkan rencana menggelar konvensi calon presiden pada tahun depan. Sekretaris Jenderal Partai NasDem Johnny G. Plate mengatakan konvensi ini akan bersifat inklusif alias terbuka bagi siapa pun.

Johnny juga menyebut partainya akan membangun koalisi terlebih dulu demi memastikan pemenang konvensi mendapat tiket untuk maju Pilpres 2024. 

“NasDem hanya akan melakukan konvensi dengan terlebih dahulu memastikan tiket presidential threshold terpenuhi,” kata Johnny dalam konferensi pers, Kamis ( 25/2/2021).

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com