JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

19 Ribu Orang Disuntik Vaksin Covid-19 di Yogyakarta, Presiden Jokowi Tanya Tukang Becak Pengalaman Usai Divaksinasi

Presiden Joko Widodo saat meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Pasar Beringharjo, Malioboro, Yogyakarta, pada Senin (1/3/2021). Foto: Dokumentasi Humas DI Yogyakarta
ย ย ย 

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Presiden Joko Widodo mengunjungi lokasi digelarnya vaksinasi Covid-19 untuk pedagang kaki lima (PKL) Malioboro di Yogyakarta, Senin (1/3/2021). Vaksinasi tersebut dilaksanakan di Pasar Beringharjo dan Beteng Vredeburg.

Dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 itu, yang menjadi sasaran penerima yakni para pedagang, pengayuh becak, kusir andong, hingga para pekerja pariwisata di Malioboro lainnya, termasuk pemandu wisata.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi pun menyempatkan berdialog dengan sejumlah orang yang divaksin, salah satunya seorang pengayuh becak bernama Paimin yang sehari-hari mangkal di depan hotel bintang empat di Jalan Malioboro, Yogyakarta.

“Pripun pak, rasane? (bagaimana pak, rasanya?) (disuntik vaksin),” tanya Jokowi singkat.

“Mboten nopo-nopo pak. Penak kok. Mboten wonten efek nopo-nopo (Tidak apa-apa pak. Enak kok. Tidak ada efek apa-apa),” jawab Paimin, yang juga adalah ketua Paguyuban Becak Kayuh Wisata Yogyakarta Istimewa. Ia tampak senang setelah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dan disapa oleh Presiden Jokowi.

Baca Juga :  Polisi Amankan 2 Pelaku Penganiayaan dan Perusakan Mobil Takbir Keliling di Yogya

Pada kesempatan itu, Paimin minta agar pemerintah mempriorotaskan vaksinasi Covid-19 untuk pelaku usaha jasa wisata di level bawah, seperti pengayuh becak, pedagang kaki lima, pemandu wisata, dan lainnya.

Dengan begitu, mereka dapat beraktivitas seperti biasa dan dapat menawarkan jasa atau dagangan kepada wisatawan tanpa rasa waswas.

Paimin menuturkan, sejak pandemi Covid-19 ia kehilangan penghasilan karena jumlah wisatawan yang datang ke kawasan wisata Malioboro, Yogyakarta turun drastis.

Sebelum pagebluk, Paimin mengaku mampu mengantongi sekitar Rp100 ribu sehari dari hasil mengantarkan wisatawan jalan-jalan keliling Malioboro. Namun lantaran tak ada lagi penghasilan dari mengayuh becak, dia akhirnya banting setir menjadi buruh bangunan.

Baca Juga :  4 Hari Usai Jambret Dompet di Sleman, Pria Kulonprogo Ini Dibekuk Polisi

Selain Paimin, ada Wasto Sutrisno dari perwakilan kusir andong Malioboro yang berbincang dengan Presiden Jokowi seusai vaksinasi Covid-19. Saat itu, Wasto mengucapkan terima kasih karena pemerintah memberikan vaksinasi massal secara gratis.

Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi tak lupa menyampaikan apresiasi kepada warga Malioboro atas kesediaannya menjalani vaksinasi Covid-19.

“Saya melihat proses vaksinasi yang dilakukan untuk para pedagang di Pasar Beringharjo berjalan lancar, juga untuk pedagang kaki lima, para penjaga toko, karyawan di usaha-usaha yang ada di Jalan Malioboro sampai ke alun-alun. Semua proses vaksinasinya berjalan lancar dan baik,” kata Jokowi.

Presiden Jokowi melanjutkan, total ada 19.900 orang yang disuntik vaksin Covid-19 dalam kesempatan tersebut. Dia berharap vaksinasi Covid-19 ini segera tuntas dan menyeluruh, sehingga perekonomian pulih kembali.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com