JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

89.000 Orang Lanjut Usia di Sragen Jadi Target Disuntik Vaksin Covid-19. Tahap Pertama 12.000 Dosis Sudah Dimulai, Syaratnya Wajib Daftar Dulu di Link Berikut!

Penyuntikan vaksin covid-19 untuk lansia di UPTPK Sragen, Jumat (5/3/2021). Foto/Wardoyo
ย ย ย 

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Vaksinasi covid-19 untuk kelompok warga lanjut usia (lansia) di atas usia 60 tahun di Kabupaten Sragen resmi dimulai, Jumat (5/3/2021). Sedikitnya 89.000 lansia di Bumi Sukowati sudah masuk daftar untuk disuntik vaksin.

Pelaksanaan vaksinasi lansia tahap pertama yang digelar di Kantor Unit Pelayanan Terpadu Penanggulangan Kemiskinan (UPTPK) ini, ditinjau langsung oleh Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati.

Kepada wartawan, bupati mengatakan dimulainya vaksinasi untuk lansia di Kabupaten Sragen sesuai arahan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. Bahwa Lansia menjadi prioritas kedua setelah tenaga kesehatan (Nakes).

“Sejauh ini untuk lansia diprioritaskan karena risiko bagi lansia yang terpapar Covid-19 lebih tinggi dibandingkan selain dari tenaga kesehatan,” paparnya.

Sebelum vaksinasi, warga dihimbau mendaftarkan keluarganya yang lansia untuk ikut vaksinasi melalui website resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Sragen.

Setelah itu lansia akan menerima SMS notifikasi dan penjadwalan vaksinasi beserta lokasi Fasilitas Kesehatannya.

Baca Juga :  Geger Mobil Baru Langsung Rusak Usai Isi Dexlite di Sragen, SPBU Jetak Minta Maaf dan Pastikan Bukan Abal-abal, Melainkan...

“Bisa anaknya atau cucunya mendaftarkan keluarganya yang lansia melalui website resmi Dinkes Sragen https://dinkes.sragenkab.go.id/ Kalau tidak mendaftar dulu tidak bisa. Hal itu guna menghindari kerumunan,” terangnya.

Bupati menambahkan jika 12.000 dosis vaksin tahap kedua yang datang Rabu (3/3/2021) itu sekaligus untuk menyisir yang masih tersisa.

Seperti, nakes dengan komorbid, periode kedua PNS, TNI, POLRI yang belum terpenuhi.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sragen, Hargiyanto menyampaikan pada pembukaan lansia ini menggunakan trial website https://dinkes.sragenkab.go.id/.

Maka dipilih tokoh masyarakat dan PNS yang sudah purna. Untuk jumlah lansia di Sragen berdasarkan data statistik mencapai 89.000 orang.

“Kalau hari ini ada 141 lansia yang disuntik vaksin. Sebelumnya tiga hari lalu pendaftaran kita trial. Perbaikan terus berjalan. Setelah terdaftar, kami kirim ke Kemenkes, selanjutnya kami panggil mereka untuk divaksin,” papar Hargiyanto.

Baca Juga :  Dagang Ciu di Bulan Ramadhan, Warga Sambungmacan, Sragen Dirazia Polisi, 3 Botol Miras Disita

Meski jumlahnya lebih banyak dari PNS, Hargiyanto menarget vaksinasi lansia selesai pada akhir Bulan Juni 2021. Sebab, pengiriman vaksin dari provinsi juga dilakukan secara bertahap.

Untuk warga Sragen yang berusia lebih dari 60 tahun dapat mendaftarkan melalui website dinkes.sragenkab.go.id. Serta mengisi formulir pendaftaran vaksinasi COVID-19 pada bagian atas halaman.

“Persyaratan vaksinasi COVID-19 pada Lansia ya pada umumnya Warga Sragen usia 60 tahun keatas, mendaftar melalui dinkes.sragenkab.go.id nanti harus hadir sesuai jadwal pelaksanaan,” terangnya.

Salah satu lansia yang juga Wakil Ketua PMI Sragen, Suwarno (74) sangat setuju lansia mendapat kesempatan menerima suntikan vaksin. Dia menegaskan suntikan vaksin aman dan tidak menimbulkan efek yang berat.

“Tidak ada apa apa, biasa saja setelah suntik, jadi teman teman lansia tidak perlu takut,” ungkapnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com