JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Internasional

Arab Saudi Dikabarkan Wajibkan Calon Jemaah Haji 2021 Sudah Divaksin Covid-19

Tangkapan layar video suasana Tawaf di Mekkah dalam rangkaian ibadah haji tahun ini yang memberlakukan social distancing. Foto: Twitter


MEKKAH, JOGLOSEMARNEWS.COM Pemerintah Arab Saudi melalui Kementerian Kesehatan negara itu dikabarkan telah memutuskan hanya calon jemaah yang telah disuntik vaksin Covid-19 yang diperbolehkan menjalankan ibadah haji tahun ini.

Kabar tersebut seperti diberitakan surat kabar Arab Saudi, Okaz, pada Senin (1/3/2021). Dengan kata lain, vaksinasi Covid-19 menjadi sebuah syarat wajib bagi calon jemaah haji.

“Vaksin Covid-19 adalah wajib bagi mereka yang ingin menjalankan ibadah haji dan akan menjadi salah satu syarat utama (untuk menerima izin masuk),” demikian tulis laporan tersebut yang mengutip surat edaran yang ditandatangani oleh menteri kesehatan, seperti dilansir Reuters, Rabu (3/3/2021).

Tak hanya untuk para calon jemaah, Menteri Kesehatan Arab Saudi Tawfiq Al-Rabiah juga mewajibkan seluruh petugas haji 2021 untuk mendapatkan suntikan vaksin Covid-19.

“Persiapan harus sudah dilakukan sejak dini untuk mengamankan sumber daya manusia yang dibutuhkan untuk menjalankan fasilitas kesehatan di Mekkah, tempat-tempat suci dan Madinah, serta pintu masuk jemaah haji untuk musim haji 2021,” ujarnya dalam surat edaran resmi, seperti dikutip Arab News.

“Komite vaksin harus dibentuk untuk musim haji dan umrah, serta memberlakukan kewajiban mendapatkan vaksin Covid-19 bagi mereka yang ingin berpartisipasi sebagai petugas kesehatan,” tambahnya.

Baca Juga :  Sempat Viral Nasional, Ini Fakta Pencapaian Vaksinasi Covid-19 di Desa Jenar Sragen. Kapolres: "Luar Biasa Rendah!

Juru bicara Kementerian Kesehatan Arab Saudi, Dr Mohammed Al-Abd Al-Aly menyampaikan, jika kewajiban vaksin Covid-19 diberlakukan, maka aturan karantian tidak lagi dibutuhkan.

“Mereka yang telah menyelesaikan tahap vaksinasi selama dua hingga tingga minggu tidak diharuskan untuk karantina setelah bersentuhan dengan orang yang terinfeksi,” katanya.

Pada musim haji 2020, Arab Saudi telah secara drastis mengurangi kuota jemaah haji menjadi hanya sekitar 1.000 orang untuk membantu mencegah penyebaran virus corona. Selain itu untuk pertama kalinya, calon jemaah haji dari luar negeri dilarang berpartisipasi.

Hingga Selasa (2/3/2021), jumlah korban meninggal akibat Covid-19 di Arab Saudi mencapai angka 6.505.

Sementara data dari Kementerian Kesehatan Arab Saudi mencatat sudah ada 378.002 kasus positif Covid-19 di negara itu, dengan 2.571 kasus aktif, 508 di antaranya dalam kondisi kritis.

Baca Juga :  Semangatnya Ratusan Lansia di Desa Tanon Sragen Ikuti Vaksinasi Covid-19. Dokter Acungi Jempol, Satgas Sampai Rela Bantu Membopong

Sedangkan jumlah pasien yang berhasil sembuh dari virus corona mencapai total 368.926 orang.

Warga Arab Saudi dan ekspatriat di Kerajaan terus menerima dosis vaksin Covid-19, dengan total 885.411 orang telah divaksinasi.

www.tempo.co