JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Cabe Rawit di Solo Harganya Semakin Pedas, Tembus Rp 120 ribu per Kilogram, Lampaui Harga Daging Sapi

Cabai rawit merah yang harganya meroket di Pasar Bunder Sragen. Foto/Wardoyo
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Harga cabe rawit di sejumlah pasar tradisional di Kota Solo meroket bahkan melampaui harga daging sapi. Seperti di Pasar Kleco, harga cabe rawit per kilogram kisaran Rp 115 ribu hingga Rp 120 ribu.

Harga tersebut naik dari sebelumnya Rp 90 ribu hingga Rp 100 ribu. Kenaikan harga cabe rawit tersebut terjadi sejak Selasa (2/3/2021). Tidak hanya cabe jenis rawit, kenaikan harga juga terjadi pada cabe jenis keriting dengan harga Rp 50 ribu per kilogram saat ini. Harga tersebut naik dari sebelumnya, Rp 45 ribu kilogram per kilogram.

Baca Juga :  Catering di Solo Kena Tipu Hampir Rp 1 Miliar, Makanan Sempat Diantar ke Masjid Sheikh Zayed untuk Sahur Bersama

“Pasokannya memang sedikit. Jadi mungkin karena itu harganya menjadi mahal,” ujar penjual cabe di Pasar Kleco, Harti, Rabu (3/3/2021).

Diimbuhkan pedagang cabe di Pasar Legi, Suryanto, kenaikan harga juga terjadi untuk dagangannya. Selama tiga hari terakhir, dirinya menjual cabe rawit Rp 105 ribu per kilogram. Sedangkan harga sebelumnya di kisaran Rp 90 ribu per kilogram.

Baca Juga :  Ingin Pulihkan Perekonomian Solo, Nur Hafizin Bakul Mur Baut Pasar Klitikan Daftar Calon Wakil Walikota

“Kalau harga cabe jenis lain masih normal. Yang naik di sini cabe rawit saja,” terangnya.

Menurut Suryanto, pasokan yang menipis menjadi penyebab utama naiknya harga cabe rawit tersebut.

“Waktu Corona kemarin sempat turun harganya (cabe). Dan persediaan melimpah. Namun sekarang persediaannya jauh berkurang, jadi harga menjadi mahal,” pungkasnya. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com