JOGLOSEMARNEWS.COM Netizen

Hati-hati Jika Bertemu Pasangan Bule Ini, Viral Diduga Pasangan Penipu. Modusnya Berpura-pura Kecopetan dan Tampak Kebingungan

Foto pasangan warga negara asing yang diduga melakukan praktik penipuan di Jakarta. Foto: Kolase Instagram

JOGLOSEMARNEWS.COM Sepasang pria dan wanita warga negara asing (WNA) diduga menjadi pelaku penipuan di Jakarta. Bahkan, pelaku diduga telah menjalankan aksinya menipu di Tanah Air sejak tahun 2018.

Kasus pasangan WNA diduga penipu itu menjadi viral usai kisahnya diunggah oleh akun Instagram milik mantan model Tracy Trinita, yang mengaku telah bertemu dengan mereka pada Selasa (9/3/2021).

Diceritakan Tracy di Instagram story, dirinya tak sengaja bertemu dengan satu keluarga WNA saat sedang berada di Central Park, Jakarta Barat. Ia melihat sepasang pria dan wanita dewasa bersama dua anak perempuan berusia sekitar 10 dan 7 tahun.

Keluarga WNA itu terlihat sedih dan sedang kebingungan. Di tengah rasa penasarannya, Tracy mendengar si pria bule bertanya kepadanya dalam bahasa Inggris.

Pria bule itu bertanya jarak dari lokasi tersebut menuju kawasan Pondok Indah. Tracy pun menjawab jika berjalan kaki maka akan memakan waktu tiga jam lebih, sedangkan dengan mobil bisa satu jam perjalanan.

Pasangan bule itu kemudian menceritakan bahwa mereka baru saja kecopetan dan kehilangan semua uang serta barang mereka, sehingga mereka hendak berjalan kaki kembali ke hotel tempat mereka menginap di Pondok Indah.

Tracy pun menawarkan bantuan untuk memanggil taksi online, namun tawarannya ditolak si pria bule dengan alasan tidak memiliki uang. Tracy pun dibuat bingung setelah si pria bule kembali bertanya berapa jarak dari hotel di Pondok Indah ke bandara.

“Saat saya lagi masukin alamat, si bapak bilang kalau mereka besok mau ke airport dan bingung apakah mereka harus jalan kaki dari hotel ke airport? Saya mulai bingung,” tulis Tracy.

Pasangan bule itu yang kemudian bercerita dan mengaku berasal dari Slovenia dan sedang transit setelah berkunjung ke Australia sebelum kembali ke negaranya melalui Kuala Lumpur, Malaysia.

“Saya tanya mau terbang ke mana dan dari mana asalnya. Istri cerita kalau mereka orang Slovenia dan akan pulang ke Slovenia besok via KL,” tambahnya.

Tracy yang melihat kemalangan keluarga WNA itu lantas mencoba kembali menawarkan bantuan untuk membelikan makanan setelah melihat dua anak perempuan mereka seperti sedang kelaparan. Namun Tracy mulai merasakan kejanggalan saat ia kembali bertanya kepada si wanita bule.

“Saya tanya ke istri kenapa berada di Indonesia. Dia bilang sekeluarga habis dari pemakaman sahabat suami di Australia dan lagi transit di Jakarta menuju Slovenia.”

“Saya tanya kapan tiba di Indonesia? Dia mulai gelisah dan bilang tiga hari yang lalu. Saya tanya lagi kok nggak karantina enam hari sesuai prosedur? Dia jawab sudah divaksin di Australia.”

“Saya tanya lagi, bisa minta bantuan teman di Australia? Dia bilang yang teman sudah mati dan gak kenal keluarganya,” tulisnya lagi.

Dicurigai Penipuan

Setelah mendengar ceritanya, Tracy pun mulai merasa jika pasangan tersebut tidak benar-benar sedang dalam kesulitan dan hanya mencoba menipu untuk mendapatkan uang.

Ia pun berpisah dengan keluarga WNA itu setelah mengantar mereka masuk ke dalam taksi online dan melambaikan tangan kepada mereka semua.

Namun setibanya di rumah, Tracy yang masih penasaran mencoba menghubungi hotel yang disebutkan pasangan bule tersebut sebagai tempat menginap. Dan ia pun mendapatkan jawaban yang tak disangka.

“Saya telepon ke hotel dan bertanya tentang keluarga ini. Jawabannya, tidak ada orang bule satu pun yang menginap di hotel ini. Tapi dia juga bilang lumayan sering orang menelepon ke hotel dan mencari keluarga dengan ciri-ciri yang mirip seperti yang saya deskripsikan,” tulisnya.

Tracy pun kembali mencari tahu dengan bertanya kepada netizen di Instagram dan informasi yang diperolehnya semakin membuat terkejut dan yakin bahwa pasangan bule yang ia temui semalam adalah penipu.

Sejak Tahun 2018

Ia pun menemukan tautan berita salah satu media yang menyebut aksi penipuan pasangan bule itu sudah dilakukan sejak tahun 2018. Setelah membandingkan foto yang beredar dengan yang ia temui sebelumnya, Tracy yakin pasangan yang ditemuinya adalah orang yang sama.

Bahkan, kisah sedih keluarga bule yang kecopetan itu sudah pernah beredar di media sosial pada Februari 2020 dan di Facebook pada Oktober 2019. Modus yang digunakan serupa, yakni berpura-pura kesusahan karena kecopetan dan berlagak menolak bantuan.

Dari unggahan salah seorang netizen di Instagram pada Oktober 2019, diketahui jika pasangan tersebut mengaku bernama Robert dan Anna Marrie. Namun yang masih membuatnya penasaran adalah siapa sebenarnya keluarga bule tersebut.

“Mereka telah bertahun-tahun tinggal di Indonesia. Apakah mereka refugees, imigran gelap, gipsy? Terus kalau tertangkap imigrasi apa yang akan terjadi pada mereka?” tanyanya.

Tracy juga mengaku khawatir dengan anak-anak yang dibawa oleh pasangan bule tersebut, yang ia yakini belum tentu anak kandung keduanya.

“Konsen terbesar saya adalah anak-anak mereka, terekspos dengan sandiwara penipuan. Apakah mereka akan terlatih menipu? Apakah dua orang dewasa ini sungguhan orangtua mereka?” tambahnya.