JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Pawonsari Alias Pacitan Wonogiri Wonosari Punya Potensi Besar Namun Pembangunan Cenderung Agak Tertinggal, Akhirnya Wamen ATR/BPN Surya Tjandra Tertarik Mendalaminya

Wamen ATR BPN Surya Tjandra bersama Kakanwil ATR/BPN Jateng Embun Sari di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri. Joglosemarnews.com/Aris Arianto
   
Wamen ATR BPN Surya Tjandra bersama Kakanwil ATR/BPN Jateng Embun Sari di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri. JOGLOSEMARNEWS.COM /Aris Arianto

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Tiga kabupaten di tiga provinsi yakni Pacitan (Jatim), Wonogiri (Jateng), dan Wonosari Gunungkidul (DIY) telah lama menjalin kerjasama bertajuk Pawonsari (Pacitan Wonogiri Wonosari), memiliki potensi sangat besar untuk dikembangkan. Namun demikian ada beberapa kendala hinga membuat pembangunan di daerah itu cenderung tertinggal.

Berangkat dari hal itu, Wakil Menteri (Wamen) Agraria Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Surya Tjandra berkunjung ke tiga daerah di pesisir selatan Jawa itu. Wamen mengatakan kunjungan yang dilakukannya bertujuan mendalami adanya peluang kerjasama pembangunan dan pemberdayaan Jawa bagian selatan, utamanya di wilayah Pacitan, Wonogiri dan Wonosari Gunungkidul (Pawonsari).

Baca Juga :  Berapa Harga Raket Yonex Astrox 99?Kok Sampai Dicuri di Mlokomanis Wetan Ngadirojo Wonogiri

Kunjungan ke Wonogiri, Rabu (31/3/2021), dilakukan setelah kunjungan di Wonosari Gunungkidul dan akan dilanjutkan ke Pacitan.

Dia menuturkan, pihaknya dari pusat melihat adanya potensi yang istimewa dan luar biasa tentang adanya Memorandum of Understanding (MoU) tiga Bupati di wilayah Pawonsari yang sudah ada sejak lama. Walaupun Bupati tiga daerah itu berganti-ganti, namun hubungan Pawonsari tetap terjaga.

“Apa dan kenapa hubungan di Pawonsari bisa berlanjut terus,” ungkapnya di sela kunjungannya di Obyek Wisata Waduk Gajah Mungkur Wonogiri.

Dari kunjungan itu diharapkan bisa ada strategi atau roadmap pembangunan yang kira-kira tepat dilakukan.

Baca Juga :  Info Bolo, Jalan Tembus Pancuran Pasang Desa Gedongrejo Giriwoyo Wonogiri Mulai Dibangun

Menurut dia, tantangan pembangunan di hampir seluruh wilayah Jawa bagian selatan adalah kerawanan bencana yang terjadi. Mulai ancaman gempa, tsunami dan lainnya. Karena itu pembangunan di wilayah tersebut cenderung agak tertinggal.

Karena itulah dibutuhkan strategi, kemampuan teknis hingga pengetahuan kebencanaan dan ruang pemberdayaan yang tepat. Sebab, potensi yang ada seperti di Wonogiri sangat besar.

“Itu yang akan kita cari. Ini di tiga kabupaten di tiga provinsi. Besok rencananya akan ada rapat koordinasi tiga kanwil (ATR/BPN) akan bergabung,” kata dia. Aria

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com