JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Kapolri Ungkap Sosok Terduga Teroris yang Serang Mabes Polri, Perempuan Usia 25 Tahun dan Diyakini Berideologi ISIS

Tangkapan layar rekaman CCTV menunjukkan sesosok menyerupai perempuan yang diduga teroris memasuki kompleks Mabes Polri di Jakarta, Rabu, 31 Maret 2021. Sosok tersebut terlihat mengenakan pakaian terusan hitam dengan kerudung biru. Ia terlihat membawa bungkusan berwarna coklat dan mendekati pos jaga yang tak jauh dari kantor Kapolri Listyo Sigit. Foto: Tempo/Istimewa

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Listyo Sigit Prabowo mengungkap identitas terduga teroris yang menyerang Markas Besar Polri, Rabu (31/3/2021). Pelaku merupakan seorang perempuan berusia 25 tahun.

“Dari olah TKP (tempat kejadian perkara) ada identitas bernama ZA,” kata Kapolri dalam siaran pers di Jakarta, Rabu (31/3/2021).

Menurut Kapolri Sigit, polisi menembak pelaku karena telah menyerang polisi yang berada di pos jaga Mabes Polri. “Ada penembakan sebanyak 6 kali (dari pelaku),” jelasnya, seperti dikutip Tempo.co.

Lebih lanjut, Kapolri memaparkan, dari informasi yang telah dikumpulkan pihak kepolisian, pelaku disebut mempunyai ideologi radikal ISIS. Hal itu dibuktikan dari temuan postingan di media sosial.

Baca Juga :  Analisis Drone Emprit: Presiden Jokowi Dianggap Paling Bertanggungjawab Atas Penonaktifan 75 Pegawai KPK

“Pelaku merupakan mantan mahasiswa, tapi sudah DO (drop out)di semester V,” tutur Kapolri.

Selain itu, lewat postingan di Instagram, pelaku juga menunjukkan mempunyai bendera ISIS. “Ada tulisan bagaimana soal perjuangan jihad,” kata Kapolri Sigit.

Lebih lanjut, hasil identifikasi di lokasi kejadian diperoleh informasi tempat tinggal pelaku di kawasan Ciracas, Jakarta Timur.

Baca Juga :  Dalam Seleksi TWK,  Pegawai  KPK Sempat  Ditanyai Soal Pribadi Sampai  Kemungkinan Jadi  Isteri Kedua

Diberitakan sebelumnya, insiden baku tembak terjadi di Mabes Polri, pada Rabu (31/3/2021) sore, sekira pukul 16.30 WIB.

Insiden terjadi setelah seorang tak dikenal yang mendatangi Mabes Polri secara tiba-tiba mengeluarkan sejenis senjata dan menodongkan ke arah petugas polisi yang ada di pos jaga.

Pelaku tersebut kemudian dilumpuhkan dengan tembakan yang dilepaskan petugas polisi.

www.tempo.co