JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

4 Dosen ISI Surakarta Lolos Sebagai Reviewer PKM Nasional Kemendikbud 2021

Dok ISI Surakarta

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Empat orang dosen Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta berhasil lolos sebagai reviewer PKM Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tahun 2021.

Keempat dosen yang semuanya dari FSRD itu adalah Eko Sri Haryanto, S,Sn., M.Sn (Dosen Prodi Desain Interior) dan Asmoro Nurhadi Panindias, S,Sn., M.Sn (dosen Prodi Desain Komunikasi Visual).

Dua dosen lainnya juga dari Prodi Desain Komunikasi Visual, yakni Rendya Adi Kurniawan, S,Sn., M.Sn, dan Basnendar H, S,Sn., M.Ds.

Ketua Pokja PKM ISI Surakarta, Rendya Adi Kurniawan, S,Sn., M.Ds  dalam rilisnya ke Joglosemarnews menjelaskan, PKM diselenggarakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemendikbud.

Ajang tersebut digelar melalui berbagai kegiatan Bimtek, ToT, dan seleksi administrasi serta kompetensi dari sekitar 600 peserta.

Baca Juga :  Kurangi Ketergantungan Beras, Penggunaan Bahan Pangan Lokal Perlu Digalakkan

“Akhirnya bersama 441 yang lolos seleksi, wakil dari ISI) Surakarta dapat meloloskan empat dosen sebagai Reviewer Nasional untuk Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2021,” jelas Rendya dalam rilisnya.

Dia mengatakan, prestasi tersebut sangat membanggakan, karena  selain membuktikan bahwa dosen seni juga bisa setara dengan dosen dari bidang ilmu dan kampus lainnya di Indonesia.

Menurut Rendya, salah satu tahapan pelaksanaan PKM adalah penilaian proposal yang dilakukan oleh tim penilai PKM.

Untuk menjaga kualitas hasil penilaian maka akan dilaksanakan persamaan persepsi penilai PKM tahun 2021.

Kegiatan selanjutnya untuk reviewer nasional dengan mengikuti Persamaan Persepsi Penilai PKM Tahun 2021 yang diikuti sekitar 441 peserta dari dosen baik PTN/PTS seluruh Indonesia yang dilaksanakan secara daring pada Kamis (1/4/2021) melalui aplikasi Zoom Meeting.

Baca Juga :  Mengulas Konsep Pendidikan Terpadu di KB TK Sayf El Falah Klaten. Padukan Program Unggulan, Pendidikan Karakter dan Nuansa Islami, Tapi Biaya Tetap Ramah di Kantong

Persamaan persepsi penilai ini bertujuan untuk memberikan bekal secara teknis bagaimana menilai proposal PKM dari berbagai skim, sehingga didapat nilai yang objektif agar proposal yang lolos didanai nantinya dapat lebih berkualitas.

Setelah mengikuti kegiatan ini, para reviewer nasional PKM nantinya akan bertugas menilai proposal PKM tahun 2021 yang jumlahnya mencapai 67.643 proposal. Penilaian dilakukan secara daring melalui akun yang sudah disediakan.

Keberhasilan tersebut, menurut Rendya, diharapkan dapat meningkatkan baik secara kualitas maupun kuantitas proposal yang dihasilkan oleh mahasiswa ISI Surakarta, agar mampu berkompetisi dengan proposal dari perguruan tinggi lainnya. Suhamdani