JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Sri Sultan HB X Berulang Tahun ke-75, Menteri BUMN Erick Thohir hingga Presiden Jokowi Beri Ucapan Selamat. Keraton Yogyakarta Gelar Pameran

Raja Keraton Yogyakarta sekaligus Gubernur DI Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X. Foto: Humas Pemprov DIY/jogjaprov.go.id

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Hari ini, Jumat 2 April 2021, Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X berulang tahun yang ke-75. Sejumlah tokoh pun memberikan ucapan selamat kepada Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta itu.

Ucapan selamat datang dari Menteri BUMN Erick Thohir hingga Presiden Joko Widodo. Mereka mendoakan agar Sri Sultan selalu sehat dan bijaksana dalam memimpin Keraton Yogyakarta dan DIY.

“Saya meyakini di bawah kepemimpinan Sultan Hamengku Buwono X, Yogyakarta akan semakin menjadi tujuan utama pendidikan dan pariwisata nasional,” ujar Erick Thohir dalam ucapannya yang dikirimkan melalui Pemda DI Yogyakarta, Jumat (2/4/2021).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mewakili masyarakat Pasundan pun turut mengucapkan selamat dan mendoakan Sri Sultan HB X selalu berkah dan mulia.

“Semoga Ngarsa Dalem Sri Sultan HB X sukses dan hubungan Yogyakarta – Jawa Barat selalu lestari berkat hadirnya Sultan bagi kami semua di Indonesia,” kata Ridwan Kamil, seperti dikutip Tempo.co.

Baca Juga :  Pitek Kalkun Tawarkan Piknik Tongkrongan Ekonomis di Daerah Ngaglik, Sleman.  Wisata Air Aliran Kali Kuning yang Bening dan Adem Bikin Bocah-bocah Betah Keceh

Sementara itu, Presiden Joko Widodo memberi ucapan selamat dalam bahasa Jawa dan bahasa Indonesia. “Ndherek mangayubagyo, ngaturaken sugeng ambal warsa (Turut berbahagia, mengucapkan selamat ulang tahun) ke-75 untuk Sri Sultan HB X,” kata Jokowi.

Presiden Jokowi mendoakan Sultan HB X selalu sehat dalam memimpin dan mengayomi masyarakat, khususnya di Yogyakarta.

pameran hb x
Keraton Yogyakarta menggelar pameran Bojakrama dalam peringatan hari ulang tahun ke-75 Raja Keraton Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X. Foto: TEMPO/Pribadi Wicaksono via Tempo.co

Peringatan ulang tahun Sultan HB X ke-75 itu sekaligus memperingati 32 tahun bertahta sebagai raja.

Pada kesempatan itu, Keraton Yogyakarta menggelar pameran yang digelar selama dua bulan, mulai hari ini, Jumat, 2 April sampai Minggu, 27 Juni 2021. Pameran digelar di Kompleks Kedhaton Keraton Yogyakarta.

Pameran temporer yang bertajuk “Bojakrama: Jamuan Kenegaraan Keraton Yogyakarta” tersebut menampilkan berbagai koleksi peralatan makan dan minum yang digunakan untuk jamuan, informasi mengenai jamuan, hingga berbagai aturan protokoler di Keraton.

Baca Juga :  Mau Mencicipi Rendang dengan Nuansa Berbeda, Datang Yuk Ke Sini !. Semilir Angin Tengah Sawah Temani hingga Gigitan Terakhir

Tradisi jamuan di Yogyakarta pasca-pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono I (1755-1792) terus berkembang. Puncaknya pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono VIII yang ditandai dengan munculnya istilah rijsttafel, yaitu sajian makan nasi yang dihidangkan secara spesial.

Pameran Bojakrama memperlihatkan berbagai koleksi peralatan makan dan minum yang terbuat dari perak, porselen, hingga kristal koleksi Keraton Yogyakarta. Setidaknya ada 60 set koleksi yang diperlihatkan untuk pameran kali ini.

Pameran Bojakrama juga akan diikuti dengan berbagai acara edukasi, seperti Sudut Kurator yang membahas koleksi perlengkapan makan dan minum Keraton Yogyakarta secara daring melalui zoom.

Ada pula tur virtual yang mengajak wisatawan daring berkeliling ke tempat-tempat penting yang pernah digunakan untuk perjamuan di Keraton Yogyakarta. Tak ketinggalan Pentas Musikan Mandalasana yang akan disiarkan melalui kanal Youtube Kraton Jogja.

www.tempo.co