JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

4 Minuman yang Bisa Merusak Ginjal Jika Dikonsumsi Setiap Hari, Ada Jus Kemasan dan Soda

Ilustrasi minuman beralkohol. Foto: pixabay.com
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Jenis minuman yang dikonsumsi atau diminum sehari-hari akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan secara keseluruhan.

Ada berbagai minuman kemasan yang populer di masyarakat, yang beberapa di antaranya, apabila dikonsumsi setiap hari dapat memiliki efek samping yang tidak baik untuk ginjal.

Minuman tersebut di antaranya adalah soda, alkohol, Soda diet dan jus kemasan. Minuman tersebut jika dikonsumsi berlebihan dan setiap hari, lama-kelamaan, akan menyebabkan kerusakan ginjal dan fungsinya tak lagi optimal.

Dilansir dari eatthis.com, Rabu, (28/4/2021), ini empat minuman populer yang bisa merusak ginjal dan penjelasannya

1. Soda

Jika ingin melindungi kesehatan ginjal, mulailah mengurangi minuman bersoda mulai dari sekarang. Sebuah studi pada 2016 yang diterbitkan dalam jurnal Nephrology menemukan bahwa orang yang sering minum soda memiliki risiko lebih besar terkena penyakit ginjal.

Baca Juga :  Sederet Gejala Diabetes yang Sering Tak Disadari, Salah Satunya Rasa Lapar yang Terus Menerus

Temuan lain dalam penelitian di jurnal Epidemiology menemukan bahwa orang yang melaporkan konsumsi harian dua atau lebih cola – yang biasanya mengandung asam fosfat – berisiko lebih tinggi terkena penyakit ginjal kronis daripada mereka yang menghindari minuman tersebut.

2. Jus kemasan

Dengan kandungan gula dan kalori tinggi, jus kemasan bukanlah minuman yang bersahabat untuk lingkar pinggang atau ginjal. Jus kemasan biasanya mengandung gula tinggi. Di antara peserta studi Tehran Lipid dan Glukosa, orang yang minum minuman manis memiliki tingkat penyakit ginjal kronis yang lebih tinggi secara signifikan daripada mereka yang jarang minum minuman manis.

3. Soda diet

Minum soda diet yang menggunakan pemanis buatan mungkin tidak lebih baik kesehatan ginjal, meski kadar gula atau sirup jagung fruktosa lebih rendah. Menurut sebuah studi di 2011 yang diterbitkan dalam Clinical Journal of American Society of Nephrology, di antara 3.318 peserta wanita dalam Nurses ‘Health Study, mereka yang minum dua atau lebih soda dengan pemanis buatan sehari dua kali lebih mungkin mengalami penurunan fungsi ginjal dibandingkan mereka yang tidak.

Baca Juga :  Miliki Rasa Pahit, Ini Sederet Manfaat Pare untuk Kesehatan

 

4. Alkohol

Orang yang sering minum alkohol tak hanya berisiko tinggi mengalami kerusakan hati. Sebuah studi komparatif yang diterbitkan dalam jurnal Nephrology Dialysis Transplantation menemukan bahwa, di antara sekelompok 6.259 orang dewasa, mereka yang mengaku sebagai peminum berat memiliki tingkat albuminuria yang jauh lebih tinggi. Ini merupakan indikator kandungan protein albumin dalam urin dan tanda penyakit ginjal.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com