JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Jokowi Lantik 4 Tokoh Jadi Menteri dan Pimpinan Lembaga

Dari atas searah jarum jam, Bahlil Lahadalia, Nadiem Makarim, Indrianto Seno Aji, Laksana Tri Handoko / sumber foto: tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik empat orang tokoh menjadi pimpinan empat lembaga pada Rabu (28/4/2021).

Kempat tokoh yang dilantik adalah pertama, Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Kedua, Laksana Tri Handoko yang dilantik sebagai Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Ketiga adalah Nadiem Makarim yang dilantik sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud-Ristek).

Dan keempat, Indriyanto Seno Adji yang dilantik sebagai anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Upacara pelantikan tersebut dilakukan  di Istana Negara, Jakarta pada Rabu (28/4/2021).

Dalam konferensi pers secara virtual, Bahlil menyatakan diminta Presiden untuk  memperhatikan pengusaha-pengusaha kecil, seperti UMKM.

Baca Juga :  Dibanjiri Karangan Bunga Bernada Dukung Prabowo-Gibran, MK Tak Berani Pajang di Depan Gedung

“Perintah Presiden (Jokowi) kepada kami adalah jangan hanya mengurus pengusaha yang besar-besar, tapi mengurus juga UMKM. Ini harus dikawainkan pengusaha besar dan UMKM, pengusaha besar dan pengusaha daerah,” ujar Bahlil.

Laksana Tri Handoro menjelaskan, menjabat sebagai Kepala BRIN, dirinya akan memfokuskan pada riset dan inovasi berbasis biodiversitas yang memiliki local competitiveness tinggi.

“Tentu riset dan inovasi teknologi juga tetap didukung,” kata dia.

Ia berharap BRIN mampu menjadi jembatan antara dunia riset dengan dunia industri. Selain itu, BRIN juga harus mampu menjadi enabler (pengungkit) bagi industri Indonesia untuk mampu berkompetisi secara global.

Nadiem Makarim yang mantan bos Gojek dan eks Mendikbud  menyebut, riset dan teknologi adalah bidang yang sangat dipahaminya.

Baca Juga :  Hingga 3 Hari Jelang Putusan MK Soal Sengketa Pilpres, Amicus Curiae Masih Berdatangan

“Riset dan teknologi adalah suatu hal yang sangat dekat di hati saya. Suatu hal yang telah saya tekuni sebelum saya melakukan tugas di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” ujar Nadiem dalam konferensi pers usai dilantik, Rabu (28/4/2021).

Ia berharap, di bawah kepemimpinannya lembaga baru tersebut bisa meningkatkan kualitas dan inovasi di universitas dan perguruan tinggi dalam bidang riset dan teknologi.

Kemendikbud-Ristek nantinya juga akan bermitra dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Sementara itu, di Dewan Pengawas KPK, Indrianto Seno Aji menggantikan posisi Artidjo Alkostar yang meninggal dunia pada Minggu (28/2/2021) lalu.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com