JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Banjir Bandang dan Longsor Landa Flores Timur, Korban Meninggal Capai 41 Orang. Netizen Ikut Berduka Lewat Tagar #PrayforNTT

Banjir bandang dan tanah longsor melanda wilayah Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, Minggu (4/4/2021). Foto: Twitter/BNPB_Indonesia

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Indonesia kembali dilanda bencana. Kali ini, banjir bandang disertai tanah longsor terjadi di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, pada Minggu (4/4/2021) dini hari. Tercatat sudah 41 orang dinyatakan menjadi korban meninggal dunia.

Demikian menurut data terkini dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang masih terus melakukan pendataan.

“Korban meninggal dunia 41 orang dan masih dalam pendataan,” ungkap Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati, saat konferensi pers virtual terkait bencana banjir bandang di Flores Timur, Minggu (4/4/2021).

Ditambahkan Raditya, ada empat kecamatan dan tujuh desa yang terdampak bencana banjir tersebut, yakni Desa Nelelamadike di Kecamatan lle Boleng; Kelurahan Walwerang dan Desa Waiburak di Kecamatan Adonara Timur.

Kemudian ada Desa Oyang barang dan Desa Pandai di Kecamatan Wotan Ulumado; serta Desa Waiwadan dan Desa Duwanur di Kecamatan Adonara Barat.

Baca Juga :  Gempa Masih Menggoyang Malang, Sumbernya dari Laut Selatan, Ini Dampaknya

Selain data korban meninggal, BNPB juga merilis jumlah korban luka sebanyak 9 orang, 27 orang hilang, dan 49 KK terdampak. Titik pengungsian pun terpusat di Balai Desa Nelelamadike.

“Puluhan rumah hanyut terbawa banjir, terendam lumpur, dan lima jembatan putus,” lanjut Raditya.

Ditegaskan Raditya, data yang ada hingga saat ini masih sangat dinamis dan bisa berubah sewaktu-waktu. “Sekali lagi data ini sangat dinamis. Ini adalah data pukul 17.30,” jelas Raditya, seperti dikutip Liputan6.com.

Sementara itu di media sosial, netizen mulai banyak yang mengungkapkan duka cita atas bencana yang melanda Flores Timur. Mereka pun menyampaikan doa melalui tagar #prayforNTT yang langsung menjadi trending topic di Twitter Indonesia.

Baca Juga :  Pakar: Massa NU 'Abangan' Jadi Potensi Besar yang Mesti Dilirik PPP

“NTT lagi kena dampak badai siklon tropis ya.. Semoga cepet membaik, aamiin. Stay safe everyone! #PrayForNTT,” tulis salah seorang netizen.

“Turut berduka cita atas musibah badai dan banjir bandang yang terjadi di NTT. Semoga seluruh korban meninggal diberikan surga oleh Tuhan dan korban selamat segera pulih serta tetap aman. Mari berdoa sejenak untuk saudara kita di NTT. #PrayforNTT,” pesan netizen lainnya.

Rangkaian foto dan juga potongan video netizen seputar bencana banjir bandang pun banyak beredar di media sosial. Salah satunya momen saat sebuah jembatan hanyut terbawa arus banjir bandang di Kambaniru, Sumba Timur, NTT. Liputan 6