JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Hujan Lebat dan Angin Kencang Terjang Yogyakarta, Berlangsung Lebih dari 2 Jam. Kerusakan Terlihat di 3 Wilayah

Dampak terjangan hujan lebat ditambah angin kencang yang melanda DI Yogyakarta, Minggu (4/4/2021). Sebuah papan bilboard amruk, sementara hujan angin mengganggu pengguna jalan. Foto: Instagram/merapi_uncover

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Cuaca buruk terjadi di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dengan hujan lebat disertai angin melanda selama lebih dari 2 jam, pada Minggu (4/4/2021). Dampak dari cuaca buruk yang terjadi sejak sekira pukul 13.00 WIB itu dapat terlihat di tiga kabupaten/kota.

Disampaikan Manajer Pusat Pengendalian Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY, Danang Samsurizal, kerusakan akibat cuaca buruk di antaranya dapat terlihat di Kabupaten Bantul, yang menimpa tak kurang tiga kecamatan, yakni Kasihan, Piyungan, dan Banguntapan.

“Di Bantul selain pohon tumbang, hujan angin juga menyebabkan 2 rumah rusak, 2 jaringan listrik dan 2 akses jalan terputus, 1 tempat usaha terdampak, korban jiwa nihil,” kata Danang dalam keterangannya, dikutip Tempo.co, Minggu (4/4/2021).

Baca Juga :  Bonbin Gembira Loka Yogyakarta Hanya Buka Sabtu dan Minggu Selama Ramadan

Sedangkan, di Kota Yogyakarta dampak hujan angin terdata di tiga kecamatan yakni Kotagede, Gondokusuman dan Umbulharjo. Kerusakan di Kota Yogyakarta di antaranya berupa pohon tumbang, tempat usaha rusak, serta 1 jaringan listrik dan 1 akses jalan terputus.

Kemudian di Kabupaten Sleman, dampak cuaca buruk dapat dilihat di dua kecamatan, yakni Depok dan Berbah. Selain pohon tumbang di 8 titik, terdapat kerusakan 1 unit kendaraan, serta 1 akses jalan, 2 jaringan listrik, dan 4 papan iklan ambruk. Di Sleman juga terdata satu bangunan perkantoran juga mengalami kerusakan.

Baca Juga :  Pitek Kalkun Tawarkan Piknik Tongkrongan Ekonomis di Daerah Ngaglik, Sleman.  Wisata Air Aliran Kali Kuning yang Bening dan Adem Bikin Bocah-bocah Betah Keceh

Dampak hujan lebat dan angin kencang tergambar pula dalam sejumlah potongan video yang tersebar di grup-grup percakapan WhatsApp dan juga di media sosial Instagram. Diperlihatkan pohon-pohon yang sampai tercerabut dan tumbang juga reklame yang terkoyak.

www.tempo.co