JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Belum Lolos Program Kartu Prakerja? Jangan Khawatir, Gelombang 17 Dipastikan Bakal Dibuka

Ilustrasi kartu prakerja. Foto: prakerja.go.id
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Kesempatan bagi warga masyarakat yang belum pernah lolos program Kartu Prakerja. Pemerintah memastikan bakal membuka pendaftaran untuk gelombang 17 dalam waktu dekat.

Kepastian akan segera dibukanya pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 17 itu disampaikan langsung oleh Direktur Eksekutif PMO Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari.

Diungkapkan Denni, gelombang 17 ini nantinya akan memanfaatkan kuota peserta yang dicabut dari gelombang-gelombang sebelumnya karena tidak digunakan untuk membeli pelatihan dalam batas waktu yang telah ditentukan.

Sebagaimana diketahui, dalam aturan program Kartu Prakerja disebutkan bahwa peserta yang lolos dan telah menerima dana insentif pelatihan harus menggunakannya untuk membeli pelatihan dalam jangka waktu 30 hari pascamenerima dana. Apabila tidak digunakan, makan status kepesertaan mereka akan dicabut.

Baca Juga :  Usai TPN Ganjar-Mahfud Daftarkan Gugatan ke MK, PDIP Pastikan Bakal Menggulirkan Hak Angket di DPR

Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Koordinator Perekonomian (Permenko) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Pengembangan Kompetensi Kerja Melalui Program Kartu Prakerja.

“Jadi, teman-teman yang sekarang belum mendapatkan program Kartu Prakerja, harap bersabar. Kami akan membuka gelombang 17 yang akan memanfaatkan dari (insentif) itu tadi, yang tidak dimanfaatkan,” ujar Denni Puspa, seperti dikutip Liputan6.com, Kamis (22/4/2021).

Denni menambahkan, hingga kini jumlah penerima Kartu Prakerja yang telah dipastikan bakal dicabut kepesertaannya ada sekitar 29.000 orang. Jumlah tersebut berasal dari penerima program dari gelombang 12, 13, dan 14.

Baca Juga :  AHY: Kalau Kita Masih di Koalisi Perubahan, Hancur

“Ini tentu saja patut untuk disesalkan. Kenapa, teman-teman sudah daftar. Dan kemudian sudah mendapat (insentif). Tetapi kok tidak manfaatkan bantuan yang telah diberikan,” kata Denni.

Insentif para peserta Kartu Prakerja yang tidak digunakan tersebut kemudian akan dikembalikan ke kas negara. Nantinya manajemen program Kartu Prakerja akan memanfaatkan dana insentif yang telah dikumpulkan kembali itu untuk membuka gelombang selanjutnya, termasuk gelombang 17.

Meski demikian, hingga kini belum dapat dipastikan kapan pendaftaran program Kartu Prakerja untuk gelombang selanjutnya tersebut akan dibuka. Liputan 6

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com