JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Buntut 3 Guru SMAN 1 Gondang Meninggal Terpapar Covid-19, 48 Guru dan Karyawan Dirapid Antigen Massal Hari Ini. Total Sudah 9 Guru dan Karyawan Positif

Petugas DKK Sragen saat menggelar rapid tes antigen terhadap guru dan karyawan SMAN 1 Gondang. Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sebanyak 48 guru dan karyawan SMAN 1 Gondang Sragen menjalani rapid tes antigen secara serentak, Senin (19/4/2021).

Mereka dirapid menyusul rentetan kasus positif covid-19 yang menjangkiti 9 guru dan karyawan dengan 3 guru di antaranya meninggal dunia dalam beberapa hari terakhir.

Tes rapid antigen digelar di Puskesmas Gondang dengan dipantau langsung oleh Kepala Cabang Disdikbud Wilayah Jateng VI, Suratno.

Kepala Puskesmas Gondang, Dedi Ari Saputro mengatakan rapid antigen digelar untuk semua guru dan karyawan di SMAN 1 Gondang menyusul temuan kasus positif pada 9 guru dan karyawan.

Bahkan 3 di antaranya meninggal dunia. Atas kondisi itu, DKK meminta dilakukan rapid antigen secara menyeluruh terhadap para guru dan karyawan guna mengetahui dan memastikan kondisi mereka.

Baca Juga :  Karang Taruna Bina Karya Muda di Sragen Menggelar Acara Takbir Keliling Hari Raya Idul Fitri 1445 H Diiringi Musik Drumband

“Ya tadi pagi ada 48 guru dan karyawan yang diswab. Mayoritas hadir, hanya ada yang nggak hadir karena berhalangan tidak enak badan. Bukan karena menolak,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM .

Dedi menjelaskan rapid antigen ke semua guru dan karyawan itu dilakukan sebagai upaya tracking menyeluruh atas kasus covid-19 di SMAN 1 Gondang.

Rapid antigen dilakukan setelah berkoordinasi dengan dinas pendidikan. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sragen, Hargiyanto menyampaikan dari hasil pelacakan, kasus penyebaran covid-19 di SMAN 1 Gondang memang berawal dari salah satu guru yang pulang njagong atau menghadiri hajatan ke luar kota.

Dari guru itu, kemudian menyebar ke guru dan karyawan yang lain. Dalam perkembangannya tiga guru kemudian meninggal dunia.

Baca Juga :  Sriyanto Saputro Kumpulkan Kader dan Relawan di Sragen Menangkan Sudaryono Sebagai Gubernur Jawa Tengah Selanjutnya "Ini Sudah Perintah Langsung dari Pak Prabowo Subianto"

“Sebagian yang positif kondisinya sudah membaik. Ada yang di Masaran, Gondang, Semarang dan Sragen. Yang 4 kelihatannya sudah sembuh,” ujarnya.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wilayah Jateng VI, Suratno membenarkan adanya rapid tes antigen ke semua guru karyawan di SMAN 1 Gondang.

Menurutnya hal itu dilakukan sebagai upaya memutus mata rantai penularan. Ia menyebut kasus covid-19 di SMAN 1 Gondang telah menjangkiti 9 guru dan karyawan yang terpapar positif dengan 3 guru meninggal dunia.

“Untuk hasilnya masih menunggu. Nanti kita koordinasi dengan Dinas Kesehatan,” terangnya.

Suratno kembali menegaskan bahwa SMAN 1 Gondang bukan sekolah yang ditunjuk menggelar ujicoba tatap muka. Selama ini pembelajaran di sekolah itu digelar secara daring atau pembelajaran jarak jauh (PJJ). Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com