JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Dosen DKV FSRD ISI Surakarta Jadi Penguji Eksternal Multimedia SMK Negeri I Karanganyar

dok Humas ISI Surakarta
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM SMK Negeri 1 Karanganyar, khususnya Jurusan Multimedia, menggelar ujian kompetensi bidang atau peminatan mulai Senin (19/4/2021) hingga Rabu (21/4/2021).

Istimewanya, pihak sekolah menghadirkan penguji eksternal, yakni dosen Prodi S-1 DKV ISI Surakarta, Dr. Handriyotopo, M.Sn.

Uji kompetensi yang dilakukan secara daring lewat google meet itu diikuti oleh 104 siswa kelas 3.

Melalui rilis ke Joglosemarnews dijelaskan, dalam uji kompetensi tersebut, para siswa mempresentasikan karya desain poster.

Beberapa tema yang diangkat dan menjadi pilihan peserta antara lain tentang Katakan Tidak pada Narkoba Bagi Pelajar, Kebersihan Lingkungan dan Menjaga Kesehatan di Pandemi Covid-19 dan Taat 3M di Lingkungan Sekolah.

Dalam ujian tersebut, penguji eksternal berada di ruang Laboratorium Komputer Multimedia SMK Negeri I Karanganyar, sedangkan peserta siswa berada di rumah masing-masing menggunakan aplikasi google meet.

Baca Juga :  Siswa Siswi Kelas 4 SDIT Nur Hidayah Surakarta Ikuti Halal Bi Halal dan Sungkeman

“Secara umum ujian ini berjalan lancar, meskipun ada beberapa kendala terutama soal jaringan, namun dapat segera diatasi,” ujar Ketua Kompetensi Keahlian Multimedia SMKN 1 Karanganyar, Andi Saputro seperti dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Ia menjelaskan bahwa materi yang diujikan adalah peminatan dalam keilmuan DKV Percetakan, khususnya membuat desain poster.

Dengan pelaksanaan ujian kompetensi tersebut, dia berharap pelajar SMK dapat menambah wawasan keilmuan saat direview. Sebab tidak saja menilai karyanya, namun juga kritik dan saran bersifat membangun untuk berkarya lebih baik lagi.

Sedangkan menurut Dr. Handriyotopo  selaku penguji eksternal, penguasaan desain poster bagi siswa, tentu saja tidak cukup hanya dibekali persoalan penguasaan teknik aplikasi grafis seperti Corel Draw dan Adobe Photoshop.

“Tapi juga kepekaan estetis secara konseptual sebagai karya poster yang mampu mewakili pesan komunikasi visual dengan prinsip-prinsip desain yang juga harus diketahui dan dikuasai oleh siswa,” ujarnya.

Baca Juga :  DKV ISI Surakarta Gelar Rakor Bahas Sebaran Mata Kuliah Tahun Ajaran 2024/2025

 

Sedangkan Asmoro Nurhadi Panindias, S,Sn., M.Ds selaku Kaprodi DKV menyatakan, dosen DKV yang bertugas sebagai penguji kompetensi eksternal merupakan bagian dari perwujudan Tri Darma Perguruan Tinggi, khususnya pengabdian kepada masyarakat.

“Dalam hal ini membantu dengan berbagi pengetahuan, juga sebagai media membangun jejaring ke depannya,” ujarnya.

Sebagai Kepala Sekolah SMK Negeri I Karanganyar, Dra. Ties Setyaningsih, M.Pd., MM menjelaskan bahwa kegiatan itu juga  untuk menjalin komunikasi antara pihak DUDI (Dunia Usaha dan Dunia Industri) dan perguruan tinggi.

“Ini adalah bentuk sinergitas link and match serta sinkronisasi kurikulum sekolah dengan dunia usaha dan industri kerja,” ujarnya. Suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com