JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Gempa Masih Menggoyang Malang, Sumbernya dari Laut Selatan, Ini Dampaknya

gempa bumi
Ilustrasi gempa. Foto: pixabay.com

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Gempa Malang ternyata belum juga berakhir. Selasa (13/4/2021) kemarin, lagi-lagi gempa yang sumbernya dari laut sebelah selatan Malang kembali mengguncang.

Gempa susulan tersebut, menurut catatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terjadi pada pukul 19.37 WIB.

Sumber gempa berkekuatan 3,8 Magnitudo itu berlokasi 88 kilometer arah barat daya dari Malang. Sedang kedalaman atau hiposentrum 29 kilometer.

Informasi yang ada di BMKG, intensitas gempa memang dirasakan lemah di Prigi (Kabupaten Trenggalek) pada skala III MMI atau terasa nyata di dalam rumah seakan ada truk melintas.

Baca Juga :  Kasus Positif Covid-19 Dunia Sudah Tembus 157 Juta, Menlu Retno Ingatkan Mayarakat Terus Taat Protokol Kesehatan

Intensitas lebih lemah lagi daripada itu terukur di Tempursari (Kabupaten Lumajang) dan Ampelgading (Kabupaten Malang).

Gempa Malang pada malam ini diduga masih termasuk susulan dari gempa 6,1 M pada Sabtu siang lalu.

Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, lewat akun Twitter hanya mengatakan kalau gempa masih mungkin terjadi di kawasan yang sama tapi kekuatannya diprediksi lemah.

Pada hari ini juga, hari pertama Ramadan 2021, BMKG mencatat gempa dirasakan terjadi di Bulukumba, Sulawesi Selatan, pada dinihari serta di Palu, Sulawesi Tengah, dan Liwa, Lampung, pada tengah hari.

Baca Juga :  KemenPANRB Minta Masyarakat Laporkan ASN Nekat Mudik ke Website ini

Seluruhnya bersumber di laut kecuali di Liwa dan masing-masing berkekuatan 4,3 M; 3,9 M; dan 4,4 M.

Intensitas terkuat dari ketiga gempa itu bisa dirasakan pada skala III MMI yakni di Liwa dan Palu. Khusus untuk gempa terkini di Liwa adalah yang ketiga yang dicatat BMKG dalam tiga hari belakangan.

www.tempo.co