JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Giliran 500 Abdi Dalem Hingga Penari Keraton Yogyakarta Jalani Vaksinasi Covid-19

Ilustrasi vaksinasi. Foto: Pexels.com
ย ย ย 

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM ย –ย Sebagai personel yang kerap berinteraksi dengan banyak orang, termasuk para wisatawan, abdi dalem Keraton juga perlu mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Karena itulah, Kamis (8/4/2021) kemarinย  abdi dalemย atau pelayan di Keraton Yogyakarta hingga para penari menjalani vaksinasi Covid-19 di Jogja Expo Center atau JEC, Yogyakarta.

Lebih dari 500 abdi dalam disuntik vaksin Covid-19 dosis pertama ini.

Penghageng Kawedanan Hageng Punakawan (KHP) Nityabudaya atau kepala divisi yang bertanggung jawab pada museum dan arsip di Keraton Yogyakarta, Gusti Kanjeng Ratu Bendara mengatakan, vaksinasi Covid-19 untuk abdi dalem dilaksanakan secara bertahap.

Baca Juga :  Selama Libur Lebaran 2024, Terjadi 9 Kecelakaan Laut di Wilayah DIY

“Saat ini diprioritaskan bagi abdi dalem yang bertugas di bagian depan atau pelayanan,” kata GKR Bendara. Abdi dalem bagian pelayanan Keraton Yogyakrta yang dimaksud antara lain edukator pariwisata, penari, dan pelaku seni. Sebagian besar abdi dalem yang diprioritaskan mendapat vaksinasi Covid-19 dosis pertama itu merupakan kalangan lanjut usia.

GKR Bendara mengatakan total abdi dalemย Keraton Yogyakartaย yang menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 sebanyak 2.800 orang.

Dari jumlah itu, sebagian besar berusia di atas 50 tahun. Dia berharap vaksinasi Covid-19 bagi abdi dalem ini membuat mereka tidak rentan tertular Covid-19, meski pelayanan di lingkungan Keraton Yogyakarta sudah mematuhi protokol kesehatan.

Baca Juga :  Polisi Amankan 2 Pelaku Penganiayaan dan Perusakan Mobil Takbir Keliling di Yogya

Kepala Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta, Pembajun Setyaningastutie mengatakan dari total 590.892 sasaran lansia yang terdaftar vaksinasi, sebanyak 37.864 di antaranya telah menerima vaksinasi Covid-19 dosis pertama. Sementara yang sudah mendapatkan vaksin Covid-19 dosis kedua adalah 3.956 orang.

“Vaksinasi untuk abdi dalem ini merupakan bagian dari percepatanย vaksinasi Covid-19ย untuk lansia di Yogyakarta sebelum masuk Ramadan,” kata dia.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com