JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Ini Profil Kapal Selam KRI Nanggala-402 yang Hilang Kontak di Perairan Bali, Berusia 40 Tahun dan Dilengkapi 14 Torpedo

Kapal selam KRI Nanggala-402. Foto: wikipedia.org

JOGLOSEMARNEWS.COM Sebuah kapal selam milik TNI Angkatan Laut, KRI Nanggala-402, dilaporkan hilang kontak di perairan di utara Pulau Bali, pada Rabu (21/4/2021) dini hari. Kapal selam tersebut hilang kontak saat menjalani latihan penembakan rudal.

Meski belum ditemukan, namun titik koordinat terakhir saat hilang kontak sudah diketahui. KRI Nanggala-402 disebut hilang di perairan sekitar 95 kilometer sebelah utara Pulau Bali. Kapal selam tersebut membawa 53 orang awak kapal.

Baca Juga :  Detik-Detik Kecelakaan Mobil Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Mobil Sempat Melayang Lalu Terbalik dan Ringsek

Dirangkum dari berbagai sumber, KRI Nanggala-402 diketahui merupakan kapal selam buatan Jerman. Kapal selam tersebut dipesan oleh Pemerintah Indonesia pada tahun 1977.

Kapal selam tersebut dibuat oleh perusahaan Howaldtswerke, di Kiel, Jerman. Proses pembuatan dimulai pada tahun 1978 dan diserahkan kepada Pemerintah Indonesia pada tahun 1981. Dengan kata lain, kapal selam tersebut telah berusia 40 tahun.

Baca Juga :  Dengar Baik-Baik, Korlap Demo Ormas Pemuda Pancasila Sedang Dibidik Polisi. Kalau Tidak Hadir, Bakal Dijemput!

KRI Nanggala-402 merupakan armada pemukul milik TNI Angkatan Laut. Kapal selam ini bertipe 209/1300, yang juga banyak digunakan oleh angkatan laut di seluruh dunia. Kapal selam ini memiliki ‘saudara kembar’ yakni KRI Cakra-401, yang dipesan dan mulai bertugas bersamaan.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua