JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Jumlah Penumpang Bus yang Masuk di Terminal Tipe A Giri Adipura Krisak Selogiri Wonogiri Melonjak, Tapi Tunggu Dulu Belum Tentu itu Arus Mudik Lebaran 2021

Penumpang antri memasuki bus di Terminal Tipe A Giri Adipura Krisak Selogiri Wonogiri. Joglosemarnews.com / Aris Arianto
PPDB
PPDB
PPDB

 

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Dalam beberapa hari terakhir jumlah kedatangan penumpang di Terminal Tipe A Giri Adipura Krisak Selogiri Wonogiri mengalami peningkatan. Namun demikian hal tersebut belum bisa dipastikan sebagai kedatangan arus mudik Lebaran 2021.

Koordinator Terminal Giri Adipura Wonogiri, Agus Hasto Purwanto, Senin (26/4/2021), mengatakan, belakangan memang terjadi lonjakan penumpang kedatangan dari Jabodetabek. Paling banyak pada Minggu (25/4/2021) yang mencapai jumlah kedatangan 2.327 orang.

“Kalau hari biasa non weekend sekitar 1.000-1.500. Jadi jika dibandingkan hari biasa memang meningkat,” kata dia.

Ketika ditanya lonjakan penumpang itu merupakan arus mudik Lebaran 2021, Agus belum bisa memastikan. Pihaknya masih akan memantau jumlah penumpang kedatangan pada Senin hari ini secara keseluruhan

“Perlu dipastikan apakah peningkatan penumpang itu merupakan arus mudik atau hanya libur akhir pekan. Ditunggu dulu data dalam satu hari Senin ini, tapi data lengkapnya ya besok (Selasa),” sebut Agus.

Dia menerangkan seandainya besok lebih dari 2.000 penumpang kedatangan, maka arus mudik sudah mulai. Namun jika kembali normal sekitar 1.500 orang, maka peningkatan penumpang pada Minggu itu hanya liburan weekend.

“Memang biasanya pada weekend terjadi kenaikan jumlah penumpang kedatangan. Para perantau banyak yang pulang kampung, sudah biasa itu,” beber dia.

Lebih jauh Agus menjelaskan, sejak 19 April 2021, telah dilakukan pemeriksaan atau deteksi COVID-19 bagi para penumpang secara acak di Terminal Tipe A Giri Adipura Krisak Selogiri Wonogiri. Alat tes yang digunakan yakni GeNose.

Dalam satu hari hanya sepuluh penumpang yang dites menggunakan GeNose. Adapun sasaran tes diperuntukkan bagi penumpang kedatangan pada sore hari. Penumpang yang dites tidak dipungut biaya, gratis. Hasilnya, sejak difungsikan, semua menunjukkan negatif COVID-19. Aris