JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Larangan Mudik Lebaran, 333 Titik Jalur Mudik di Seluruh Indonesia Bakal Disekat. Simak Rute yang Paling Banyak Disekat!

Tim gabungan Polres Sragen saat memeriksa bus pemudik yang terpantau di exit Tol Pungkruk, Sidoharjo, Sragen. Foto/Wardoyo

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Polri mulai menyiapkan rancangan untuk pengetatan larangan mudik pada Lebaran 2021 ini. Sebanyak 333 titik disiapkan untuk penyekatan jalur mudik di seluruh Indonesia.

Hal itu disampaikan Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Inspektur Jenderal Istiono Jumat (2/4/2021).

Ia mengatakan pihaknya sudah menyiapkan 333 titik penyekatan yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. Penyekatan diberlakukan untuk memastikan masyarakat tidak mudik lebaran 2021 sebagaimana keputusan pemerintah.

Baca Juga :  Satgas Covid-19 Beberkan soal Vaksin Nusantara, Ternyata Dikembangkan di AS dan Diujicobakan di Indonesia

“Baik di jalur arteri maupun jalur tol. Baik menuju Jawa maupun menuju luar Jawa. Sebanyak 333 titik ini terutama dari Jakarta menuju Jawa Barat dan Jawa Tengah,” ujar Istiono melalui keterangan tertulis pada Jumat, 2 April 2021.

Istiono pun bakal menyiapkan aturan khusus untuk diterapkan personel di lapangan. Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa larangan mudik oleh pemerintah dilakukan lantaran masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Baca Juga :  Kebijakan Larangan Mudik, Pengusaha Rental Mobil di Solo Mengaku Kehilangan Omzet Puluhan Juta Rupiah

Mengutip data Gugus Tugas Covid-19, bahwa setiap ada libur panjang, kasus positif Covid-19 selalu naik.

“Data menunjukkan bahwa setiap libur panjang itu terjadi peningkatan penularan Covid-19 yang cukup signifikan. Tidak ada kata lain adalah kita harus antisipasi semuanya,” kata Istiono.

Pemerintah melarang mudik lebaran 2021 mulai 6 hingga 17 Mei 2021 bagi seluruh kalangan masyarakat, termasuk aparatur sipil negara (ASN), TNI -Polri, karyawan swasta maupun pekerja mandiri.

www.tempo.co