JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Siap-siap Lur, Besok Polresta Solo Bangun Pospam Mudik

Besok, Rabu (21/4/2021) Satlantas Polresta Surakarta mulai membangun lima pos Pengamanan (Pospam). Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Jajaran Polresta Surakarta terus memantapkan persiapan dalam pengamanan arus mudik lebaran tahun 2021.

Besok, Rabu (21/4/2021) Satlantas Polresta Surakarta mulai membangun lima pos Pengamanan (Pospam). Hal ini diungkapkan Kasatlantas Polresta Surakarta, Kompol Adhytiwarman Gautama Putra.

Sejumlah Pospam tersebut antaralain dibangun di Tugu Mahkota, Farokah, batas kota Jurug, Banyuanyar serta Palang Joglo. Selain lima pos pam tersebut, dibangun pula satu pos terpadu di depan Beteng Vanternburg.

“Namun untuk mulai difungsikannya Senin (30/4/2021) sampai nanti berakhirnya operasi ketupat candi, sekitar H+7 Idul Fitri. Kita bangun lebih awal karena ada petunjuk langsung oleh kapolda guna mengantisipasi pemudik dini.

Baca Juga :  Ucapkan Selamat Idul Fitri ke Jokowi, Mudrick Sangidu Mohon  Pembebasan Ulama dan Aktivis Pergerakan yang Ditahan

Kita di Satwil hanya menyaring kemungkinan ada pemudik yang lolos dari penyaringan jajaran Polda di perbatasan provinsi,” kata Adhyt mewakili Kapolresta Surakarta Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, Selasa (20/4/2021).

Ketika nantinya melewati pospam, para pemudik ini akan diperiksa dan diminta untuk menunjukkan surat Swab yang masih berlaku.

“Dari hasil koordinasi dengan Pemkot. Apapun hasilnya tetap menjalani karantina selama 5 hari. Hanya saja lokasinya berbeda. Untuk yang negatif di STP, sedangkan yang positif ke Asrama Donohudan,” paparnya.

Baca Juga :  Disaksikan Gibran, Polresta Solo Musnahkan Ribuan Liter Wedang Galak, Didominasi Miras Lokal Pride Alias Ciu

“Lalu bagaimana bagi masyarakat yang tidak membawa surat ? Dilokasi juga sudah ada petugas dari DKK (Dinas Kesehatan Kota Surakarta) yang akan melalukan tes. Sama, apapun hasilnya tetap karantina,” imbuh Kasatlantas.

Dia menambahkan, Pospam ini akan dijaga selama 24 jam dengan sistem 3 shift per hari. Setiap shift akan ada 15 personil gabungan.

“Untuk personil ada dari jajaran Polresta, DKK, Dishub, Satpol dan unsur TNI,” ujarnya. Prabowo