JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Tetap Berolahraga di Bulan Ramadan, Ini Tips Olahraga saat Puasa. Berikut 5 Hal yang Perlu Diperhatikan

Ilustrasi berolahraga. Foto: pexels.com
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Tidurnya seseorang yang sedang berpuasa adalah ibadah. Tetapi tidak berarti saat berpuasa hanya memperbanyak tidur dan tidak bergerak.

Olahraga selama berpuasa tetap dianjurkan. Puasa juga bukan alasan untuk menjadi masalah berolahraga.

Apalagi di masa pandemi seperti saat ini, kebugaran tubuh perlu dijaga, salah satunya dengan tetap rutin berolahraga. Selain itu olahraga juga dapat membantu tubuh agar tidak lemas saat menjalankan puasa.

Kendati demikian, berolahraga selama puasa juga perlu memperhatikan intensitas agar tidak terlalu berat dan justru mendorong batalnya puasa.

Berikut ini sejumlah tips berolahraga saat puasa, seperti disampaikan Coach Adianti Reksoprodjo, seorang pelatih fitnes, dalam bincang-bincang di Instagram Live yang bertema “Puasa Anti Lemas, Workout saat Puasa” beberapa waktu lalu, dikutip Tempo.co:

1. Perhatikan Waktu Berolahraga
Waktu terbaik untuk melakukan olahraga di bulan Ramadan adalah pada saat menjelang buka puasa, usai shalat tarawih dan menjelang sahur.

Baca Juga :  Madu Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bermanfaat Sebagai Pengikat Energi Selama Puasa

“Durasi waktunya apabila menjelang buka puasa sekitar 30-60 menit karena mendekati waktu makan, sehingga tubuh segera mendapat asupan energi kembali. Namun kembali ke individu masing-masing ada yang berolahraga menjelang puasa atau bahkan menjelang sahur. Kamu yang lebih kenal dengan tubuhmu sendiri,” kata Adianti.

2. Pilih Jenis Olahraga yang Sesuai
Olahraga yang dilakukan bisa seperti yang biasa dilakukan saat tidak puasa. Hanya saja, lakukan olahraga tersebut dengan intensitas yang lebih ringan, sekitar 40-50 persen dari yang biasa dilakukan saat tidak sedang berpuasa.

3. Perhatikan Waktu Tidur
Selain olahraga, tidur atau istirahat yang cukup juga tidak kalah penting untuk dilakukan saat puasa. Orang dewasa umumnya memerlukan waktu tidur sekitar 7-8 jam per hari. Apabila waktu tidur tidak cukup atau bahkan berlebih, maka hal itu akan mempengaruhi kinerja tubuh.

Baca Juga :  Biki Lezat dan Gurih, Ini Resiko Konsumsi Santan secara Berlebihan

4. Perhatikan Asupan Nutrisi
Berolahraga saat berpuasa, tubuh sangat memerlukan asupan cairan dan nutrisi yang seimbang. Pastikan kedua hal tersebut dapat terpenuhi.
Susu bisa menjadi pilihan untuk sumber cairan dan protein yang sangat dibutuhkan saat berolahraga.

5. Tetap Olahraga Meski Puasa
Apabila Anda memang rutin berolahraga di luar bulan Ramadan, maka sebaiknya tidak berhenti total saat berpuasa. Pasalnya, jika sebulan jeda olahraga maka Anda akan kehilangan progres latihan yang sudah dilakukan selama beberapa bulan sebelumnya. Maka yang terbaik adalah tetap lakukan rutinitas berolahraga Anda namun perhatikan intensitasnya agar tidak sampai berlebihan.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com