JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Usai Dukung Anies Maju 2024, Pengusaha Nasional Asal Sragen Billy Beras Mendadak Balik Sebut Tetap Setia Pak Jokowi. Apa Maksudnya?

Billy Haryanto alias Billy Beras. Foto/Wardoyo
PPDB
PPDB
PPDB

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pengusaha nasional kelahiran Sragen, Billy Haryanto kembali membuat pernyataan mengejutkan.

Usai pernyataan dukungannya ke Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di GOR Billy Beras Masaran Sragen Sabtu (24/4/2021) ramai menjadi perbincangan, Billy mendadak melontarkan pernyataan kebalikan.

Pengusaha kenamaan yang dijuluki bandar beras Cipinang itu menyatakan hari ini, Senin (26/4/2021) menyatakan sampai sekarang tetap setia ke Jokowi.

Pernyataan itu disampaikan menanggapi ramainya sorotan perihal kunjungan Anies di GOR dan Joglo miliknya yang dikaitkan dengan agenda penggalangan dukungan untuk Capres 2024.

“Sampai sekarang, saya masih tetap setia ke Pak Jokowi. Waktu kampanye juga buat spanduk-spanduk untuk beliau,” papar Billy kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Senin (26/4/2021).

Billy kembali menegaskan bahwa kunjungan Anies ke pabrik beras di Masaran yang ia dampingi itu dalam rangka mengecek kesiapan stok beras Sragen.

Sebab selama ini Sragen dikenal menjadi pemasok beras terbesar kedua nasional, termasuk ke DKI Jakarta.

Perihal spanduk atau MMT bertuliskan Joglo Kemenangan Anies Capres 2024, Billy menegaskan bahwa itu sebagai bentuk dukungan karena dalam persepsinya, Anies dinilai layak maju Capres 2024.

“Tapi untuk sekarang, tetep setia ke Pak Jokowi. Soal 2024 kan masih nanti,” tandasnya.

Pengusaha kenamaan asal Sragen, Billy Beras (kiri) saat berbincang dengan Gubernur DKI Anies Baswedan di joglo tempat usaha Billy di Masaran Sragen yang disiapkan jadi posko kemenangan Anies di 2024. Foto/Wardoyo

Sebelumnya, kunjungan mendadak Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan ke Masaran Sragen, Sabtu (24/4/2021) lalu memang diam-diam mulai mencuatkan sinyalemen politik menuju 2024.

Meski hanya mengecek produksi beras di salah satu pabrik beras di Masaran, kunjungan Anies bersama Billy itu rupanya mulai memunculkan spekulasi baru terkait sikap dukungan Billy di 2024.

Ya, dalam kunjungan hampir 2 jam itu, Anies mendapat sambutan hangat dari salah satu pengusaha beras ternama Sragen, Billy Haryanto.

Billy yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi dan Beras (Perpadi) Jakarta, secara khusus juga mendampingi Anies ke beberapa lokasi.

Kemunculan Billy dengan Anies Baswedan itu pun kemudian menyiratkan pertanyaan baru soal arah sinyal dukungan Billy di 2024.

Pasalnya, sebelumnya Billy dikenal dekat dengan barisan pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin di Pilpres 2019 lalu. Bahkan di Pilpres 2019, Billy dikenal begitu getol mendukung duet Jokowi-Amin bersama barisan pengusaha lainnya.

Benarkah Billy kini berubah haluan di Pilpres mendatang? Kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Billy mengaku memang mendampingi kunjungan Anies di pabrik beras Masaran.

Bahkan ia menyebut secara terang-terangan menilai sosok Anies sudah layak untuk maju di kontestasi Pilpres 2024.

Bos beras yang getol dengan olahraga bulutangkis dan duduk di kepengurusan PBSI pusat itu tanpa canggung mengaku punya feeling bahwa Anies memiliki kans besar untuk bersinar.

Menurutnya, kapasitas Anies yang bisa menekan pandemi Covid-19 di DKI dan menjaga stabilitas harga sembako di DKI, menjadi barometer yang membuat Anies layak untuk maju di Pilpres 2024.

“Memang di 2019 lalu, saya mendukung Pak Jokowi-Maruf Amin. Tapi untuk 2024, feeling saya Pak Anies lah yang punya kans besar. Makanya saya blak-blakan untuk mendukung. Menurut saya dua indikator itu sudah pantas membuat Pak Anies harus naik kelas. Sudah layak lah maju Capres 2024,” kata Billy. Wardoyo