JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

5 Mahasiswa Inisiasi Lomba Menggambar dan Mewarnai di SDN Kalimati 02 Brebes

Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Para siswa di SD Negeri Kalimati 02, Brebes, Jawa Tengah mengikuti lomba mewarnai dan lomba menggambar yang digelar dalam Program Kampus Mengajar Kemdikbud 2021.

Lomba tersebut mengambil momentum peringatan Hari Kartini, 21 April 2021 dan diinisiasi oleh lima orang mahasiswa peserta Program Kampus Mengajar Angkatan I tahun 2021.

Antusiasme para siswa tersebut terlihat dari beragam tema yang mereka goreskan di atas kertas.

Kegiatan tersebut digelar sebagai bentuk peringatan Hari Kartini yang berbeda. Jika biasanya Hari Kartini diperingati dengan memakai kebaya, dikarenakan masih dalam kondisi pandemi  Covid-19 ini, maka peringatan digelar dengan cara yang berbeda.

Kegiatan tersebut linier dengan Program Merdeka Belajar: Kampus Merdeka yang dicanangkan oleh Kemdikbud.

Baca Juga :  Gelorakan Gerakan Penghijauan, Mahasiswa Pertanian Unisri Surakarta  Tanam Buah dan Herbal

“Kegiatan yang dilakukan para mahasiswa ini adalah  program asistensi mengajar sebagai salah satu bentuk kegiatan yang sesuai Permendikbud No 3 Tahun 2020,” jelas Basnendar Herry Prilosadoso, S,Sn., M.Ds, dosen Prodi Desain Komunikasi Visual FSRD ISI Surakarta sekaligus Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dalam program Kampus Mengajar itu.

Dijelaskan, lima orang mahasiswa yang melakukan pendampingan tersebut adalah Anggi Khoirunnisa (Universitas Dian Nuswantoro), Nur Sofianin Pratika (Universitas Sebelas Maret), Farkhatun Azzahro Salsabila (Universitas PGRI Semarang), Ripa Maya Sopyana (Universitas Ahmad Dahlan), dan Welly Wicaksono (Universitas PGRI Semarang).

Karena keterbatasan waktu dan masih dalam suasana pandemi Covid-19, maka kegiatan dilaksanakan selama dua minggu. Pelaksanaan didbagi untuk siswa kelas 1-4 mewarnai gambar yang sudah disediakan.

Baca Juga :  Raih Poin Tertinggi, Nairul Khoiriyah Wakili FSRD ISI Surakarta dalam Ajang KKN Kebangsaan di Jambi

Sedangkan  untuk kelas 5 menggambar seputar RA Kartini, di mana di akhir pelaksanaan pada Rabu (21/4/2021) yang berlokasi di dalam ruang kelas dipilih karya terbaik untuk mendapatkan hadiah.

“Kegiatan ini merupakan bagian asistensi mengajar oleh mahasiswa di satuan pendidikan seperti sekolah dasar, menengah, maupun atas yang ditempatkan di lokasi yang terpencil,” jelasnya.

Sedangkan menurut Khasanah, S.Pd selaku Kepala Sekolah SD Negeri Kalimati 02 Brebes, kegiatan tersebut sangat bermanfaat. Selain untuk mengasah kreativitas,  juga sebagai alternatif media pembelajaran, khususnya menumbuhkan jiwa nasionalisme pada peserta didik. suhamdani