JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

542 Pemudik Sudah Masuk Solo, Gibran Izinkan Mudik Lokal

Satlantas Polresta Surakarta bekerja sama dengan Dinas Perhubungan, dan TNI menggelar penyekatan di batas kota selama sepekan ini. Foto: JSNews/Prabowo

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Sebanyak 542 pemudik sudah masuk ke Kota Solo, meski lebaran masih 10 hari lagi. Namun para pemudik tersebut tidak menjalani karantina di lokasi yang ditentukan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Solo, Ahyani mengatakan, mereka lolos dari pos penyekatan atau pos skrining karena membawa hasil tes negatif PCR.

“Mereka tersebar di beberapa kelurahan dan tidak dikarantina. Pemberlakuan karantina nanti mulai tanggal 6 Mei 2021. Namun mereka tetap diawasi melalui petugas Jogo Tonggo,” ujarnya, Senin (3/5/2021).

Baca Juga :  Sambangi Posyan Benteng Vastenburg Solo, Senkom Mitra Polri Berikan Bingkisan Kepada Anggota Polisi

Sementara itu, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka memastikan mudik lokal tetap diperbolehkan. Mudik lokal dalam hal ini berlaku untuk wilayah Soloraya.

“Mudik lokal boleh. Nanti kalau per tanggal 6 Mei tetap memakai surat ijin keluar/ masuk. Silahkan hubungi Pak RT, Pak RW atau Kelurahan. Nanti dipermudah,” paparnya.

Baca Juga :  BST Srempetan dengan KA Bathara Kresna, Anggota DPRD Solo: Evaluasi Contraflow!

Kendati demikian, Gibran tetap tidak menyarankan warga untuk mudik. Dia berharap momen mudik tidak merusak pencapaian penurunan kasus covid-19 di Kota Solo saat ini.

“Ini angkanya kita sudah bagus lho. Optimis Juli nanti mulai pembelajaran tatap muka (PTM). Ekonomi juga sudah mulai berjalan,” tukasnya. Prihatsari