JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Agar Bawang Putih Cincang Lebih Optimal Manfaatnya, Diamkan 10 Menit Sebelum Dimasak

Ilustrasi bawang merah dan putih yang dijual pedagang pasar. Foto/JSnews
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Bawang putih, merupakan salah satu bumbu masak yang paling sering digunakan sebagai bahan penyedap rasa yang alami.

Selain rasa gurih dan aroma yang lezat, bawang putih juga memiliki berbagai bermanfaat untuk kesehatan.

Dalam penggunaannya bawang putih biasanya dalam bentuk bubuk, dicincang ataupun ditumbuk.

Ternyata ada satu rahasia dalam menggunakan bawang putih cincang, untuk memaksimalkan khasiat dan rasanya.

“Saat bawang putih segar dipotong atau dicincang, Anda mengaktifkan enzim yang disebut alliinase,” kata ahli gastroenterologi dan penulis Fiber Fueled Will Bulsiewicz, seperti dilansir dari Well + Good, Jumat, (21/5/2021).

Alliinase, jelasnya, mengubah alliin, yaitu sulfoksida dalam bawang putih segar, menjadi senyawa yang disebut allicin, yaitu antibakteri, antivirus, dan antijamur. Ini juga secara ilmiah dikenal baik untuk kesehatan jantung.

Baca Juga :  Biki Lezat dan Gurih, Ini Resiko Konsumsi Santan secara Berlebihan

Selain itu, bawang putih kaya akan nutrisi: vitamin B, vitamin C, E, dan K, seng, folat, zat besi, magnesium, fosfor, dan natrium. Baru-baru ini, Bulsiewicz membagikan di Instagram saat membahas mengapa memasak dengan bawang putih meningkatkan kandungan nutrisi makanan apa pun.

Bagaimana memasaknya juga penting, menurut Bulsiewicz. Jika ingin mendapatkan manfaat yang maksimal, perlu menunggu 10 menit antara memotong dan menggunakannya.

Jeda 10 menit itu perkiraan waktu yang dibutuhkan alliinase untuk mengaktifkan dan mengubah alliin menjadi allicin. Dan itu pasti sepadan dengan waktu persiapan tambahan karena allicin sangat bermanfaat bagi kesehatan usus karena membunuh bakteri jahat sambil memungkinkan jenis yang baik berkembang.

Baca Juga :  Madu Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bermanfaat Sebagai Pengikat Energi Selama Puasa

Berikut fakta menarik lainnya tentang memasak dengan bawang putih. Memasangkannya dengan sayuran allium lain — bawang, daun bawang, bawang merah, atau daun bawang — meningkatkan ketersediaan hayati seng dan zat besi. Ditambah lagi, kombinasi rasanya juga sangat lezat.

Jadi, hal yang menarik di sini adalah bahwa kesabaran pasti ada manfaatnya. Dalam kasus memasak dengan bawang putih, hal-hal yang baik akan datang untuk orang-orang yang sabar menunggu sebelum memasaknya.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com