JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Berawal dari Bau Sangit, Rumah Mbah Somo di Jenar Sragen Kemudian Terbakar Hebat. Warga Sekampung Panik dan Berhamburan, Kerugian Rp 250 Juta

Kebakaran hebat yang melanda rumah warga Jenar, Kecamatan Jenar, Sragen, Minggu (30/5/2021) dinihari. Foto/Wardoyo


Institut Sains Teknologi Kra
Institut Sains Teknologi Kra
Institut Sains Teknologi Kra

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kebakaran hebat melanda rumah Solo Kadin (80) warga Dukuh Margomulyo, RT 16, Desa Jenar, Kecamatan Jenar, Sragen, Sabtu (29/5/2021) tengah malam tadi.

Diduga karena korsleting, rumah berkonstruksi kayu milik kakek asal Dukuh Margomulyo RT 16, Desa Jenar, Kecamatan Jenar, itu ludes terbakar.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam musibah itu. Pemilik rumah dan penghuni lainnya berhasil menyelamatkan diri saat pertama kali muncul kobaran api.

Data yang dihimpun di lapangan, kebakaran kali pertama diketahui pukul 23.30 WIB oleh anak korban, Mustiatun (34).

Saat semua penghuni tengah terlelap, Atun mendadak kaget mencium bau sangit. Ia langsung bergegas keluar kamar dan mengecek sumber bau gosong itu.

Saat baru menjejakkan kaki ke ruang tamu, ia sudah kaget mendapati api berkobar hebat membakar sofa dan atap rumah.

Seketika ia langsung memanggil bapaknya dan membangunkan penghuni rumah lainnya. Setelah itu, warga beramai-ramai datang membantu evakuasi barang yang masih bisa diselamatkan.

Baca Juga :  Kebakaran Gudang Beras PB Kawan Tani Sragen, Kobaran Api Lahap Puluhan Karung Beras dan Bekatul. Pekerja dan Warga Sempat Panik Berhamburan

Sementara sebagian membantu pemadaman dengan alat seadanya. Namun upaya warga nihil hasil. Konstruksi rumah yang terbuat dari kayu ditambah beberapa barang mudah terbakar, membuat api makin tak terkendali.

Beberapa barang seperti sepeda motor masih bisa diselamatkan. Namun barang berharga serta surat-surat sertifikat dan BPKB sudah tak bisa diambil.

Tak lama berselang, dua unit mobil pemadam kebakaran tiba membantu pemadaman. Setelah berjibaku hampir dua jam lebih, api baru bisa dijinakkan.

Namun kondisi rumah sudah hangus terbakar berikut sejumlah barang berharga di dalamnya.

“Api padam sekitar pukul 02.00 WIB dinihari tadi. Kerugian yang terbakar, satu rumah, surat berharga berupa sertifikat asli, BPKB asli, barang-barang elektronik dan peralatan rumah tangga,” papar Kasubag Humas Polres Sragen, AKP Suwarso, Minggu (30/5/2021).

Baca Juga :  Pemkab Sragen Kirim 2 Utusan Jemput Vino ke Kalimantan. Pesan Vino Mbah Jangan Sedih Sampai Sini

Dari kejadian itu, kerugian ditaksir mencapai Rp 250 juta. Dari olah TKP, petugas menyimpulkan kebakaran diduga dipicu oleh hubungan arus pendek listrik di rumah korban.

“Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu,” tandasnya. Wardoyo