JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Data Penduduk yang Diduga Bocor dan Dijual di Forum Dipastikan Bukan Dari Dukcapil, Begini Penjelasan Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh

Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh. Joglosemarnews.com/Aris Arianto

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM -Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrulloh melakukan kunjungan ke Wonogiri pada Senin (24/5/2021).

Dia menyinggung soal isu pembobolan data penduduk di forum internet RaidForum yang dijual oleh akun bernama Kotz. Zudan mengatakan saat berhembus isu adanya pembobolan data kependudukan pihaknya melakukan pengecekan internal soal ada tidaknya gangguan di data pusat Dukcapil.

Baca Juga :  Kain Penyelamat Jiwa dan Telunjuk Sakti Jadi Andalan Raih IGA 2022

“Kita cek semua, mulai dari traffic-nya, transaksinya, cyber security systemnya dan lain-lain. Dari contoh satu juta data yang ditawarkan itu, tidak bersumber dari data Dukcapil,” tandas dia.

Zudan mengatakan hal itu diketahui dari struktur datanya. Dia menjelaskan, setiap pengelola data memiliki struktur data. Semisal dari bank memiliki struktur data bank, asuransi memiliki struktur data asuransi. Begitupun dari kemensos dan BPJS memiliki struktur data masing-masing.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com