JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Internasional

Tragis! Dokter Salah Amputasi Kaki Pasien. Harusnya Kaki Kiri, Tapi Kaki Kanan yang Dipotong. Akhirnya Pasien Kehilangan 2 Kaki

ilustrasi operasi / tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Kejadian yang satu ini sungguh berakibat fatal dan mungkin bisa dikategorikan keteledoran akut. Bagaimana tidak, karena gegara salah memberi tanda, maka dokter di sebuah rumah sakit di Austria salah mengamputasi kaki kiri pasien.

Seharusnya, kaki kiri yang diamputasi, namun akhirnya kaki kanan yang dipotong. Duh… kasihan.

Pasien berusia 82 tahun itu seharusnya menjalani prosedur amputasi untuk kaki kirinya pada Selasa, kata klinik Freistadt, dikutip dari Euronews, 22 Mei 2021.

Tapi sesaat sebelum operasi, anggota tubuh yang salah ditandai. Kesalahan baru ditemukan saat penggantian perban pada hari Kamis.

“Itu diketahui (Kamis) pagi, dalam proses penggantian balutan luka standar, kesalahan tragis, yang disebabkan oleh kesalahan manusia, ditemukan,” kata klinik, CNN melaporkan.

Klinik, yang terletak di dekat perbatasan Ceko, menggambarkan insiden itu sebagai “kesalahan medis yang tragis” dan secara terbuka meminta maaf.

“Sebuah bencana yang menyebabkan kaki kanan pasien diamputasi, bukan kaki kirinya,” kata pernyataan rumah sakit.

Perusahaan induk kesehatan Upper Austrian telah meluncurkan penyelidikan atas kesalahan tersebut, bersama dengan kantor kejaksaan umum negara.

Menurut perusahaan, pasien tersebut menderita banyak penyakit yang mempengaruhi kakinya, salah satunya sangat parah sehingga harus diamputasi.

Sayangnya, karena serangkaian keadaan yang tidak menguntungkan, kesalahan itu terjadi, kata perusahaan dalam siaran pers.

“Kami meyakinkan Anda bahwa kami melakukan yang terbaik untuk mengklarifikasi kasus dan meninjau serta mempertanyakan semua prosedur internal,” katanya.

Dokter bedah yang terlibat saat ini tidak bertugas, atas permintaannya sendiri, kata rumah sakit.

Pasien dan kerabatnya telah ditawari bantuan psikologis. Pria lanjut usia itu juga masih harus menjalani amputasi kaki keduanya untuk prosedur awal.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com