JOGLOSEMARNEWS.COM Video

VIDEO : Antisipasi Tragedi Pelancong Tenggelam Pengelola Perahu Wisata Waduk Gajah Mungkur Wonogiri Terapkan Hal Berikut ini, Kepolisian Sampai Turun Tangan

PPDB
PPDB
PPDB

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM Pengelola perahu wisata di Waduk Gajah Mungkur (WGM) menerapkan sejumlah aturan untuk mengantisipasi tragedi tenggelamnya pelancong seperti yang terjadi di Waduk Kedung Ombo (WKO) wilayah Boyolali.

Antisipasi juga dilakukan Pemkab setempat. Bahkan pihak kepolisian juga aktif turun tangan ke lapangan langsung mengantisipasi kejadian serupa di Boyolali.

Salah satu pengemudi perahu wisata WGM Wonogiri, Andri, Senin (17/5/2021), mengatakan dia dan semua anggota paguyuban perahu wisata menerapkan aturan tegas. Selain untuk keselamatan juga dalam rangka kesehatan pencegahan penularan COVID-19.

Baca Juga :  RS PKU Muhammadiyah Wonogiri Jadi Isolasi Terpusat, Pasien yang Membaik dan Tinggal Menunggu Hasil Swab Bisa Ditampung di RS yang Menempati Bangunan yang Dulunya Gedung Sekolah Tersebut

Perahu yang kapasitas 20 orang, maksimal diisi 15 orang. Selain menjaga jarak aturan tegas lainnya juga dilakukan kepada penumpang. Pelampung dalam kondisi bagus disediakan dan dikenakan penumpang selama berada di atas kapal. Pengemudi tidak ada yang di bawah umur, semuanya berlisensi.

Di lokasi yang sama Kepala UPT Obyek Wisata Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Wonogiri, Pardiyanto membeberkan ada 30 perahu wisata di WGM. Dari jumlah tersebut 16 berbadan besar dan 14 berbadan kecil. Semuanya dalam kondisi layak jalan, pun pengemudi sudah profesional dengan adanya lisensi lengkap.

Baca Juga :  Klenyem Alias Jemblem Singkong Atau Cothot Kue Tradisional yang Cocok Dinikmati Saat WFH, Begini Cara Membuatnya

Pihaknya bersama kepolisian juga kerap melakukan pembinaan kepada para pengelola perahu wisata. Salah satu penekanannya adalah mengutamakan keselamatan penumpang.

Aris