JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Gelar SH Cup, PSHT Karanganyar Lakukan Inovasi Maju Menjaring Bibit Atlet

Foto: Beni Indra
PPDB
PPDB
PPDB

Perguruan silat PSHT Karanganyar menggelar SH Cup untuk menjaring bibit unggul menuju atlet andal / Foto: Beni Indra

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Perguruan silat PSHT Karanganyar, Jateng membuat inovasi untuk menjaring bibit unggul menuju atlet handal dengan menggelar SH Cup yang berlangsung selama dua hari, Sabtu-Minggu (5-6/6/2021).

Alhasil dari sekitar 300 peserta lomba berhasil terjaring sebanyak 25 orang yang berhasil menyabet trhopy juara kelas Pra remaja dan Remaja.

Pantauan JOGLOSEMARNEWS.COM menunjukkan pertandingan berlangsung secara profesional dipimpin oleh wasit dan juri handal dari Karanganyar. Selain itu fasilitasnya juga sudah memenuhi standar pertandingan yakni lantai matras serta alat pelindung depan.

Bahkan wasit pun juga memberikan sanksi tegas jika ada peserta yang dalam pertandingan melanggar aturan baku persilatan.

Tak pelak pertandingan tersebut seru dan bisa diketahui kemampuan alami para pesertanya dan disaksikan langsung oleh Wakil Bupati Karanganyar Rober Christanto SE beserta Ketua PSHT Cabang Karanganyar Suhanto SH.

Ketua Panitia SH Cup, Agus Pramono Jati atau yang poluler dipanggil Agus Bereng mengatakan perlombaan ini merupakan yang pertama kali digelar di Karanganyar dengan tujuan untuk mencari atlet handal.

“Ya ini kan yang pertama kali lomba internal SH Cup yang mana mendapat respon baik karena sangat bermanfaat banyak bagi dunia persilatan,” tandasnya.

Adapun para pesertanya adalah seluruh warga PSHT Karanganyar terutama para remaja. Menurut Agus Bereng, rencananya SH Cup akan dijadikan event tahunan PSHT Karanganyar sehingga akan semakin banyak terjaring bibit handal dari Karanganyar.

“Dengan event ini selanjutnya bisa menjadi nuansa dan harapan baru bahwa selain tekun berlatih, warga PSHT Karanganyar diberikan ruang mencari prestasi,” ungkapnya.

Sementara itu Wakil Bupati Karanganyar Rober Christanto yang juga menyaksikan jalannya SH Cup memberikan apresiasi kepada panitia atas inovasinya menyelenggarakan turnamen mencari bakat.

“Ini terobosan luar biasa bagus dan bisa dikembangkan lagi menjadi event rutin,” tandasnya usai menyerahkan thropy pada pemenang, Minggu (6/6/2021).

Bahkan Wabup berharap selanjutnya bisa dilombakan pada tingkat rayon ataupun ranting agar seleksi bakat bisa terpantau. Selanjutnya pemenang tingkat rayon dilombakan lagi tingkat cabang atau tingkat kabupaten.

Ketua Cabang PSHT Kabupaten Karanganyar Suhanto SH mengaku bangga atas inovasi tersebut karen pencarian bibit unggul sangat perlu.

” Pola inovasi seperti inilah yang merupakan salah satu faktor pendorong kemajuan serta kesuksesan PSHT karena selalu bisa menciptakan bibit unggul yang tentunya sangat bermanfaat,” ujarnya. Beni Indra