JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Kabar Baik, Jalan Tol Solo- Jogja-Bawen Bakal Beroperasi Tahun 2023. Airlangga Hartarto Sebut Bakal Hubungkan 3 Bandara

Proyek jalan tol Solo-Jogja. Foto/Tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Masyarakat kini bakalan makin dimanjakan dengan kecepatan dalam akses transportasi ke Jogja dan Solo.

Pasalnya Jalan Tol Solo-Yogya dan Jalan Tol Yogya-Bawen yang sudah lama diwacanakan dipastikan sudah akan beroperasi minimal tahun 2023.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, yang juga Ketua dari Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP), melakukan kunjungan ke Proyek Strategis Nasional (PSN) Jalan Tol Solo – Yogya dan Jalan Tol Yogya – Bawen.

Kunjungan yang juga didampingi oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita pada Sabtu, 19 Juni 2021 ini bertujuan untuk meninjau progres pembangunan kedua jalan tol tersebut.

“Dengan pembangunan kedua jalan tol ini tentunya kita berharap pengembangan Kawasan di sekitar jalan tol sudah sangat dinantikan. Wilayah di Jawa Utara dan Jawa Selatan biasanya terdapat ketimpangan infrastruktur, sehingga dengan adanya infrastruktur ini diharapkan dapat menghubungkan Pelabuhan-pelabuhan yang ada di Utara Jawa dengan industry padat karya yang ada di Selatan”, ujar Airlangga Hartarto seperti dikutip Tempo dari laman Badan Pengatur Jalan Tol, Minggu 27 Juni 2021.

Baca Juga :  Senggol Motor Saat Mendahului, Pelajar SMP di Kulonprogo Ini Jatuh dan Dihantam Pikap Hingga Tewas

Jalan tol yang nantinya akan melewati dua provinsi yakni Jawa Tengah dan Yogyakarta ini merupakan Proyek Strategi Nasional (PSN) yang nantinya akan terhubung dengan Jalan Tol Semarang – Solo.

Dengan terhubungnya jalan tol ini, maka akan menambah akses pendukung kelancaran lalu lintas menuju tiga bandar udara sekaligus, yaitu Bandar Udara New Yogyakarta International Airport di Kulonprogo Yogyakarta, Bandar Udara Ahmad Yani di Semarang dan Bandar Udara Adi Soemarno di Solo.

Saat ini, progress dari proyek Jalan Tol Yogyakarta – Bawen pada seksi 1 (Yogyakarta – Banyurejo) dalam tahap pembebasan lahan, sedangkan untuk seksi 2 – 5 (Banyurejo – Bawen) dalam tahap proses penentuan lokasi. Untuk jalan Tol Solo – Yogyakarta – NYIA Kulonprogo saat ini progresnya sedang dalam tahap pembebasan lahan.

Baca Juga :  Lebaran Sudah Lewat, Tapi Masih Ada Perusahaan di DIY Belum Bayar THR

Secara teknis Jalan Tol Yogya – NYIA Kulonprogo yang dikelola oleh PT Jogjasolo Marga Makmur memiliki panjang keseluruhan 96,57 Km, terdiri dari Seksi 1 (Kartasura – Purwomartani) 42,37 Km dengan target operasi pada Kuartal III tahun 2023, Seksi 2 (Purwomartani – JC Sleman) 15,46 Km dan Seksi 3 (JC Sleman – Purworejo) 38,74 Km dengan target beroperasi pada Kuartal III tahun 2024.

Untuk Jalan Tol Yogya – Bawen yang dikelola oleh PT Jasamarga Jogja Bawen sepanjang 75,82 Km terdiri dari Seksi 1 (Yogyakarta – Banyurejo) 8,25 Km, Seksi 2 (Banyurejo – Borobudur) 15,26 Km, Seksi 3 (Borobudur – Magelang) 8 Km, Seksi 4 (Magelang – Temanggung) 16,46 Km, Seksi 5 (Temanggung – Ambarawa) 22,56 Km dan Seksi 6 (Ambarawa – Bawen) 5,21 Km secara keseluruhan jalan tol ini ditargetkan beroperasi pada 2024.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com