JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Kabar Terbaru Rekrutmen CPNS dan PPPK 2021, Begini Pernyataan Kepala BKN Regional I Jogja. Benarkah Dibuka Sebelum 30 Juni, Ini Jawabannya!

Anjaswari Dewi. Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Badan Kepegawaian Negara (BKN) kantor regional I Jogja menyampaikan masih menunggu kepastian dari pusat terkait pembukaan pendaftaran seleksi CPNS dan PPPK tahun ini.

Kepala BKN Kantor Regional I Jogja, Anjaswari Dewi kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , mengatakan hingga kini belum ada informasi terbaru soal kepastian kapan pendaftaran dibuka.

“Belum ada informasi. Kami masih menunggu informasi lebih lanjut dari pusat,” paparnya Kamis (17/6/2021).

Ia mengatakan sejauh ini, aturan yang ada baru Nomor : 4761/B-KP.03/SD/K/2021 Jakarta, 28 Mei 2021 tentang Pengadaan CPNS dan PPPK non-Guru Tahun 2021.

Dalam edaran itu, salah satunya mengamanatkan untuk mengurangi pergerakan peserta seleksi dalam rangka pencegahan penularan Covid-19, khusus PPK Instansi Daerah diharapkan untuk menyiapkan titik lokasi seleksi mandiri.

Lokasi bisa dipilih di daerah masing-masing atau cost-sharing dengan wilayah sekitarnya. Penyiapan titik lokasi seleksi ini meliputi pengadaan infrastruktur pendukung pelaksanaan seleksi.

Di antaranya tempat/gedung, komputer client, jaringan komputer dan internet, genset, sarana dan prasarana untuk pelaksanaan seleksi (termasuk
sarana prasarana pelaksanaan protokol kesehatan).

Baca Juga :  Harga Gas LPG 3 Kg di Sragen Naik Ugal Ugalan Per Tabung Tembus Rp 30000 Warga: Sudah Terjadi 1 Minggu Sebelum Lebaran Idul Fitri

Mengingat masih terdapat beberapa peraturan pengadaan CPNS, PPPK
non-Guru, dan PPPK Guru tahun 2021 yang belum ditetapkan oleh pemerintah serta masih adanya usulan revisi penetapan kebutuhan (formasi) oleh beberapa instansi, maka jadwal pelaksanaan seleksi akan
diinformasikan lebih lanjut.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sragen, Sutrisna mengatakan hingga kini belum ada informasi baru soal pendaftaran CPNS.

Menurutnya daerah masih menunggu pemberitahuan dari pusat untuk kepastian kapan dimulainya pendaftaran.

“Belum ada informasi. Memang di media sudah beredar kalau kemungkinan dibuka sebelum 30 Juni. Tapi kami masih menunggu resmi dari pusat,” tandasnya.

Penundaan dikarenakan masih ada beberapa aturan pelengkap yang belum ditetapkan di tataran pusat. Selain itu, penundaan juga dikarenakan masih menunggu beberapa usulan dari daerah.

“Itu hasil rapat kemarin di Sukoharjo. Untuk pendaftaran seleksi CPNS tidak jadi 31 Mei. Masih menunggu pemberitahuan lebih lanjut dari pusat. Sebenarnya tanggal 28 Mei itu turun surat dari kementerian bahwa pendaftaran belum bisa dilaksanakan karena masih ada aturan yang belum ditetapkan,” papar Sutrisna, Rabu (2/6/2021) lalu.

Baca Juga :  OPTIMALISASI LORONG SEKOLAH MENJADI LORONG LITERASI

Meski demikian, untuk lokasi ujian seleksi CPNS Sragen sudah diputuskan bergabung dalam konsorsium bersama empat kabupaten di Soloraya minus Karanganyar dan Solo.

Sragen nantinya bersama Klaten, Wonogiri, Sukoharjo dan Boyolali akan jadi satu konsorsium dengan lokasi ujian semuanya berada di gedung LP2KS Gondangrejo, Karanganyar.

“Itu dinilai tempat paling strategis untuk 5 kabupaten selain Karanganyar dan Solo,” terang Sutrisna.

Sementara perihal formasi, ia memastikan untuk Sragen tidak ada perubahan. Untuk kuota CPNS masih 63 dan PPPK 1.589.

Dari 63 formasi CPNS, rinciannya ada 51 formasi tenaga kesehatan atau nakes. Di antaranya dokter umum, perawat, apoteker dan lainnya.

Sedangkan 12 sisanya adalah tenaga teknis lain yang meliputi tenaga pengadaan atau PBJ, rekayasa lalulintas, penguji kendaraan dan pranata komputer atau prakom. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com