JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Kapolresta Solo Sebut Belum Ada Pengajuan Izin Piala Wali Kota

Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak Foto: JSNews/Prabowo
PPDB
PPDB
PPDB

SOLO, JOGLOSEMARNEWSMCOM – Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengatakan belum ada pengajuan izin untuk turnamen Piala Wali Kota.

“Belum ada pengajuan izin. Nanti kita dulu konsep pertandingannya seperti apa,” ujar dia saat ditemui usai rapat koordinasi Satgas Covid-19 di Balaikota Solo, Selasa (1/6/2021).

Menurutnya, ditengah pandemi Covid-19 ini maka protokol kesehatan akan menjadi konsen aparat kepolisian. Mungkin konsepnya bisa seperti gelaran Piala Menpora kemarin dan itu sudah standar.

“Itu nanti yang akan kita tegakan, mulai dari tanpa penonton dan itu jelas. Lalu batasan personil, baik itu panitia, pengamanan atau pemain yang boleh berada di lingkungan pertandingan itu jadi roll game pelaksanaan pertandingan itu,” kata dia.

Dijelaskan, jika konsep dari sebuah pertandingan di masa pandemi ini tanpa penonton. Memang ada orang diperbolehkan masuk disebuah pertandingan itu terdiri dari pemain, official, kru, panitia, media yang dibatasi jumlahnya.

“Jadi benar-benar harus mengedepankan protokol kesehatan. Itu sangat penting dan harus menjadi perhatian semua pihak,” imbuhnya.

Sementara itu Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menyatakan jika persiapan untuk turnamen Piala Wali Kota terus dipersiapkan, salah satunya soal perizinan.

“Terus kita persiapkan dan ini sambil jalan, memang waktunya mepet. Untuk perizinannya masih kita urus, tunggu saja dan ini bertahap,” ungkap dia.

Perizinan dimasa pandemi, lanjut dia, tidak gampang. Tapi semua akan dikejar biar selesai, contohnya itu izin keamanan, izin pemakaian stadion, atau izin kompetisi.

“Yang jelas kita kerja dan persiapkan satu persatu, santai saja. Untuk venue, yang kita punya,” ucapnya.

Gelaran Piala Wali Kota nantinya akan mulai pertengah bulan Juni dan target selesai satu minggu sebelum Liga 1 bergulir. Untuk tim akan mengundang tim dari Liga 1 dan Liga 2, ini sudah dikomunikasikan dan sudah ada yang menghubungi.

“Kita pengin seminggu sebelum Liga 1 mulai selesai. Sudah kita tentukan timnya, ini segera kita formulasikan nanti seperti apa,” terang putra sulung Presiden Jokowi ini.

Piala Wali Kota ini juga akan menjadi ajang bagi Persis Solo untuk menjajal pemainnya. Tim-tim lain juga bersemangat ikut Piala Wali Kota ini.

“Rencananya Persis kan mau menggelar pertandingan persahabatan sebanyak mungkin. Daripada persahabatan mending langsung kompetisi,” tandasnya. Prabowo