JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Lima Mahasiswa Kampus Mengajar Ajak Siswa SDN Kalimati 02 Brebes Berkreasi Bersama

Para siswa SDN Kalimati 02 Brebes, Jateng tengah melukis potongan-potongan botol bekas untuk dijadikan hiasan / Istimewa


SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Lima orang mahasiswa dari program Kampus Mengajar membersamai dan berkreasi bersama dengan para siswa dari SD Negeri Kalimati 02 Brebes, Jawa Tengah.

Kegiatan kreatif itu berlangsung selama tiga hari, setelah siswa menyelesaikan Penilaian Akhir Tahun (PAT) pada 10 – 12 Juni 2021.

Para siswa tampak begitu antusias mengikuti kegiatan tersebut, dilihat dari kontribusi para siswa dalam membawa banyaknya botol bekas yang dimiliki untuk selanjutnya dipotong-potong dan di lukis bersama.

Mereka memang tengah diajak oleh para mahasiswa yang berasal dari kampus berbeda-beda tersebut, melukis di atas media botol-botol bekas maupun di tembok sekolah.

“Sebagai puncak kegiatan, mahasiswa mengajak para siswa berkreasi memanfaatkan botol bekas untuk didaur ulang dan dijadikan kerajinan, serta aksi mural di dinding tembok sekolah sebagai kenang-kenangan,” jelas dosen pembimbing lapangan (DPL), Basnendar Herry Prilosadoso, S,Sn., M.Ds melalui rilisnya ke Joglosemarnews.

Uniknya, meski DPL berlatar belakang seni, yakni dosen Prodi Desain Komunikasi Visual, FSRD ISI Surakarta, semua mahasiswa peserta Kampus Mengajar yang diampunya itu tak satupun yang memiliki latar belakang seni.

Mereka adalah Anggi Khoirunnisa dari Universitas Dian Nuswantoro, Farkhatun Azzahro Salsabila (Universitas PGRI Semarang) dan Nur Sofianin Pratika dari niversitas Sebelas Maret (UNS).

Baca Juga :  SD Muhammadiyah PK Kottabarat Luncurkan Modul Bahan Belajar Daring

Selain itu ada pula Ripa Maya Sopyana, mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yogyakarta serta  Welly Wicaksono dari Universitas PGRI Semarang.

Meski tak berlatar seni, namun antusiasme mahasiswa tersebut sangat tinggi. Hal itu, tentu saja membuat para siswa juga terpacu untuk berkreasi dengan gembira.

Bahkan, keterbatasan alat lukis yang dimiliki, tidak menurunkan semangat para siswa untuk melukis bersama. Mereka tetap antusias dengan bergantian melukis botol bekas tersebut dengan cat warna-warni.

Walau tangan mereka banyak yang terkena cat mereka tetap senang untuk melukis botol bekas tersebut.

Setelah botol-botol tersebut diwarnai oleh siswa, giliran para mahasiswa merangkai botol bekas menyerupai pelangi yang selanjutnya ditempel di tembok kosong di samping tempat parkir sepeda.

Selain itu, mahasiswa juga menambahkan beberapa lukisan di samping pelangi yang terbuat dari botol plastik tersebut agar lebih terlihat cantik dan menarik.

Hal itu diharapkan dapat menghidupkan kembali suasana di SD N Kalimati 02 yang semula kusam, sepi dan kosong menjadi lebih berwarna dan menarik minat siswa untuk belajar di sekolah. 

“Mural dengan tema flora dan fauna dengan warna-warna terang yang juga diharapkan akan membuat lokasi sekolah dasar,” beber Basnendar.

Baca Juga :  Perguruan Tinggi Berperan Siapkan Masyarakat Hadapi Society 5.0

Selain itu, kegiatan mural oleh tim mahasiswa dilakukan sebagai salah satu bentuk kenang-kenangan kepada sekolah pada saat kegiatan kampus mengaja, dimana respon dari pihak sekolah juga sangat baik.

Khasanah, S.Pd selaku kepala sekolah selalu mendukung kegiatan yang bertujuan untuk memajukan sekolah tersebut, serta berterimakasih atas pelaksaanaan program Kampus Mengajar.

Sementara, Basnendar HP berharap melalui kegiatan seperti itu, para siswa bisa lebih kreatif dalam mengeksplorasi material limbah yang terdapat di sekitar lingkungan menjadi benda yang bernilai dan bermanfaat kedepannya. Suhamdani