JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Setelah 76 Tahun, Mimpi Warga Tawangmangu Memiliki SMA Akhirnya Terwujud. Gubernur  Ganjar Awali Peletakan Batu Pertama

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sedang meletakkan batu pertma pembangunan / Foto: Beni Indra


KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM -Impian panjang warga Tawangmangu, Karanganyar  semenjak 76 tahun Indonesia merdeka hanya memiliki gedung Sekolah Menengah Atas (SMA)  akhirnya terwujud.

Sabtu (12/6/2021),  Gubernur Jawa Tengah   Ganjar Pranowo  melakukan peletakan  batu pertama sebagai tanda simbolik dimulainya pembangunan gedung SMA tersebut.

Pembangunan gedung SMA Tawangmangu itu sesuai rencana  akan dibangun dengan desain lain daripada yang lain,  yakni lebih futuristik,  yakni menyajikan ekspresi visi  masa depan dengan nyentrik dan unik.

Untuk itu,  besaran anggaran gedung SMA tersebut mencapai Rp 5 miliar yang akan dikerjakan secara bertahap hingga Tahun 2022.

Pada sambutannya, Gubernur mengatakan sejak dirinya kecil hidup di Tawangmangu hingga sekarang ini, baru terwujud impian warga Tawangmangu memiliki SMA sendiri.

Pasalnya,  selama ini warga Tawangmangu yang hendak sekolah SMA dihantui masalah klasik yakni harus bergabung dengan sekolah di kecamatan terdekat termasuk Kecamatan Karangpandan.

“Saya merasakan betul betapa warga Tawangmangu sejak saya kecil hidup di Tawangmangu bermimpi memiliki sekolah SMA. Maka saya paksa bagaimana caranya dan apapun yang terjadi Tawangmangu harus memiliki SMA dan sekarang kita wujudkan bersama,” kata Ganjar Pranowo pada sambutannya, Sabtu (12/6/2021).

Baca Juga :  Mulai Panas, Muncul Polling Calon Bupati Karanganyar 2024. Jangan Kaget 3 Nama Teratas!

Ganjar berharap pembangunan gedung SMA Tawangmangu itu meski bertahap tapi untuk tahap pertama sepanjang 180 hari bisa terwujud gedung inti.

Sedangkan selebihnya pengerjaan dilanjutkan hingga batas akhir skedulnya.

Diketahui bangunan tersebut menempati tanah milik Dinas Pertanian Jateng terletak di Desa Beji dengan luas satu hektare.

Sedangkan gedung itu akan dibangun sebanyak lima  ruang yang terdiri dari dari tiga ruang kelas belajar, ruang perpustaaan dan satu ruangan untuk laboratorium.

Sementara itu, Camat Tawangmangu Rusdianto mengatakan warga Tawangmangu mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Ganjar Pranowo yang telah merealisasikan impian warga tersebut.

“Jujur saja semua warga dan tokoh masyarakat di Tawangmangu menyambut gembira suka cita atas rencana pembangunan gedung SMA Tawangmangu tersebut karena selama ini para orang tua kebingungan jika anaknya akan sekolah SMA,” ujarnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Sabtu (12/6/2021).

Terpisah, tokoh masyarakat Tawangmangu Sulardiyanto yang merupakan inisiator pembangunan SMA tersebut mengatakan lega warga Tawangmangu menyaksikan langsung peletakan batu pertama pembangunan gedung SMA tersebut.

Baca Juga :  Nekat Nanggap Hiburan, Pesta Hajatan Oknum Perangkat Desa di Karanganyar Ambyar Dibubarkan Paksa Satpol PP dan Satgas. Perangkat Desanya Diserahkan ke Kejaksaan untuk Dibina

“Dengan realisadi ini seakan tidak bisa digambarkan dengan kata-kata yang ada hanyalah warga Tawangmangu tanpa kecuali mengucapkan terima kasih atas pembangunan gedung SMA tersebut,” ujarnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Sabtu (12/6/2021).

Sulardiyanto menuturkan gedung itu akan dibangun futuristik dan rencananya dua lantai sehingga terlihat modis beda dengan bangunan biasa.

“Dari informasi yang saya tangkap desaignya sangat futuristik dan angarannya pun diperkirakan besar,” ungkapnya. Beni Indra